Sukses

Stuttgart Tantang Muenchen

Masa rehat dan persiapan musim dingin telah lewat. Kini Bayern Muenchen harus bersiap turun gelanggang. Mengawali 2009, Die Rotten ditantang oleh VfB Stuttgart, lawan yang dihadapi terakhir di tahun lalu, dalam babak 16 besar Piala Jerman.

Masa rehat musim dingin selama satu setengah bulan hampir usai. Masa pemusatan latihan (training camp) di Dubai juga sudah dilewati. Lima partai persahabatan dilalui kesemuanya dengan kemenangan. Kini, juara bertahan Bundesliga, Bayer Muenchen harus berkonsentrasi penuh untuk turun gelanggang.

Kompetisi resmi di depan mata dan Muenchen harus tancap gas jika ingin ambisi merebut gelar juara sebanyak-banyaknya kandas. Yang terdekat adalah laga di kancah Piala Jerman. Dari hasil undian babak 16 besar, Muenchen dipertemukan dengan VfB Stuttgart, tim yang menahan imbang Die Rotten 2-2 pada laga terakhir Bundesliga di tahun 2008.

Muenchen sedang berada pada trek yang benar. Dari 16 laga terakhir yang dilakoni merekatidak pernah menderita kekalahan. Kedatangan gelandang serang internasional Amerika Serikat (AS), Landon Donovan yang dipinjam dari Los Angeles (LA) Galaxy. “Tim sedang dalam kondisi terbaik,” kata pelatih Muenchen, Juergen Klinsmann seperti dilansir AFP.

Tapi Stuttgart bukan lawan mudah dikalahkan. Setelah masuknya Markus Babbel menduduki kursi pelatih sejak November, Stuttgart tidak perah terkalahkan. “Kami tidak mampu mengalahkan Muenchen pada Desember lalu, tapi kami tahu bahwa punya kemampuan mengalahkan mereka,” kata Babbel, pemain seangkatan Klinsmann.

Menyambung Klinsmann, Chairman Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge mengatakan: “Kami harus bisa menjaga atau bahkan menaikkan level permainan jika ingin memengkan gelar yang tersedia.” Muenchen mengakhiri paro pertama Bundesliga dengan menempati peringkat kedua, hanya kalah selisih gol dari Hoffenheim. Di Liga Champions mereka telah menembus babk 16 besar.

Setelah menghadapi Stuttgart pada Selasa ini, selang tiga hari kemudian atau tepatnya pada Jumat, Muenchen dijadwalkan melakoni partai perdana Bundesliga di paro kedua menghadapi Hamburg SV. Tantangan yang juga bakal alot dijalani oleh Franck Ribery dkk.

Sementara itu, partai lain yang menarik perhatian di babak 16 besar yakni pertemuan Borussia Dortmund versus Werder Bremen. Hoffenheim sendiri sudah tersingkir di babak sebelumnya oleh Freiberg yang akan berhadapan dengan Mainz. Pertemuan seru sesama anggota Bundesliga lainnya yakni Bayer Leverkusen kontra Energie Cottbus.

Hasil drawing Babak 16 Besar Piala Jerman:
Selasa, 27 Januari:
Hamburg vs 1860 Munich, Carl Zeiss Jena vs Schalke 04, Freiberg vs Mainz, Stuttgart vs Bayern Muenchen.
Rabu, 28 Januari:
Bayer Leverkusen vs Energie Cottbus, Borussia Dortmund vs Werder Bremen, Karlsruhe vs Wehen Wiesbaden, Wolfsburg vs Hansa Rostock.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.