Sukses

Schalke Tempati Tiga Besar

Kemenangan 2-1 atas FC Koln mendongkrak posisi Schalke 04 ke peringkat tiga besar klasemen sementara. Hasil yang tak lepas dari kegagalan Werder Bremen mendulang poin penuh saat menjamu Hannover 96.

Liputan6.com, Gelsenkirchen: Tuan rumah Schalke 04 berhasil mendongkrak posisinya ke peringkat tiga besar klasemen sementara Bundesliga setelah dalam lanjutan liga di pekan kelima menundukkan tuan rumah FC Koln 2-1 (1-1) dalam pertandingan yang berlangsung di RheinEnergieStadion, Minggu (13/9).

Dua gol kemenangan Die Knappen, julukan Schalke, dicetak Jefferson Farfan di menit kedua dan Levan Kobiashvili satu menit setelah babak kedua dimulai. Sementara, satu-satunya gol balasan tuan rumah dicetak striker andalannya, Lukas Podolski di menit keenam. Dengan hasil ini, Koln kian terbenam di dasar klasemen dengan jumlah satu angka dari hasil lima pertandingan. Dari 20 tim Bundesliga, hanya Podolski dkk yang belum mampu meraih kemenangan.

Baru dua menit setelah kick-off babak pertama dimulai, Koln yang berstatus tim promosi dikejutkan lewat gol cepat Farfan lewat sundulannya meneruskan umpan dari tendangan penjuru. Publik RheinEnergie bersorak kegirangan ketika empat menit kemudian Podolski mampu menyamakan kedudukan setelah tembakannya tak mampu diselamatkan kiper Schalke, Manuel Neuer. Di menit ke-30, Koln nyaris unggul ketika sepakan Adil Chihi meluncur tipis di atas mistar gawang Neuer.

Upaya Koln mencari kemenangan perdananya di musim ini mulai menemui batu kerikil setelah hanya satu menit babak kedua dimulai, gawang Faryd Mondragon kembali kebobolan. Adalah Farfan yang menjadi kreator kemenangan Schalke. Setelah melakukan akselerasi di sektor sayap, mantan bomber PSV Eindhoven asal Peru itu menyodorkan passing akurat kepada rekannya, Kobiashvili. Gelandang asal Georgia itu tanpa kesulitan menjebol gawang Mondragon.

Selang beberapa menit kemudian, Podolski nyaris menyamakan kedudukan ketika tembakannya masih dapat diselamatkan defender Schalke, Marcelo Jose Bordon yang berdiri di bawah mistar gawang. Di injury time, ambisi Koln mencari satu poin kandas setelah Neuer melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan striker Milivoje Novakovic.

Keberhasilan Schalke menempati posisi tiga besar tak lepas dari kegagalan Werder Bremen saat menjamu Hannover 96 di Weserstadion. Sampai 90 menit berakhir papan skor tetap menunjukkan angka 0-0. Sejumlah peluang emas didapat Claudio Pizarro dkk. Sayang, selain kurang akurat, Pizarro dkk harus mengakui ketangguhan lini belakang Hannover dan kiper Florian Fromlowitz. Hasil imbang membuat Bremen hanya naik ke peringkat enam dengan jumlah delapan poin, sama dengan yang dikumpulkan Bayern Muenchen, Mainz, dan Hoffenheim. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.