Sukses

Podolski Dilirik The Gunners

Andaikata di akhir musim FC Koln terdegradasi, boleh jadi aset paling berharga klub Lukas Podolski bakal dilego di musim panas. Arsenal siap menerbangkannya ke Emirates Stadium.

Liputan6.com, Koln: Sampai usainya pergelaran di pekan ke-31, posisi FC Koln di klasemen sementara masih terancam bahaya degradasi, menempati peringkat ke-14 dengan jumlah 35 poin atau hanya unggul tiga angka dari zona play-off degradasi yang diduduki Vf: Wolfsburg. Andaikata The Billy Goats, julukan Koln, benar-benar turun kasta, boleh jadi guna mengantisipasi kerugian, klub bakal melego pemain bintang sekaligus aset paling berharga: Lukas Podolski. Pun demikian pula halnya jika skuad yang saat ini diasuh Volker Finke tetap berkutat di papan bawah.

Adalah Bild yang melansir spekulasi penjualan Podolski di bursa transfer musim panas mendatang. Bandrolnya bakal ditaksir mencapai 15 juta pound, jauh lebih besar dibanding ongkos semula yang dibayarkan Koln, 10 juta euro, saat membawa kembali Podolski dari Bayern Muenchen pada 1 Juli 2009.

Meskipun rapor Koln di musim ini buruk, penampilan Podolski di lapangan hijau tetap terbilang produktif, mencetak 11 gol dari 25 pertandingan yang dilaluinya. Podolski pun tetap ganas di depan gawang lawan saat memperkuat Timnas Jerman. Di usianya yang baru menginjak 25 tahun, Podolski telah mencetak 42 gol dari 84 penampilannya bersama Der Panzer.

Data statistik itulah yang memicu spekulasi jika Arsene Wenger bakal berburu Podolski di akhir musim. Wenger diyakini kecewa berat dengan performa striker barunya yang diboyong di bursa transfer musim panas lalu, Marouane Chamakh yang baru mengumpulkan tujuh gol di sepanjang musim ini. Chamakh pun mandul dalam 11 laga yang terakhir.

Di lain pihak, Podolski sendiri tak menutup pintu terkait opsi meninggalkan Rhein-Energi Stadium. “Koln adalah klub dan kota saya sendiri. Jika semuanya tergantung kepada saya sendiri, maka saya berkeinginan tetap tinggal di sini musim depan. Namun, jika akhirnya harus pergi, saya yakin bisa meraih kesuksesan di Inggris maupun di Spanyol,” tegas Podolski yang kontrak kerjanya di Koln baru akan berakhir pada musim panas 2013.

Kedatangan Podolski bakal membuat Wenger mempunyai opsi lain ketimbang hanya menggantungkan harapan pada striker Belanda Robin van Persie yang kadang diganggu cedera. Jika benar Arsenal dan Wenger berburu Podolski, boleh jadi Nicklas Bendtner dan Carlos Vela akan dibukakan pintu keluar dari Emirates Stadium.(MEG/caughtoffside)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini