Sukses

Dortmund Rajai Jerman

Borussia Dortmund memastikan merebut gelar juara Bundesliga 2010-2011 usai menundukkan Nurnberg 2-0 (2-0). Keunggulan delapan poin tidak mungkin dikejar lagi setelah Bayer Leverkusen ditekuk FC Koln 0-2 (0-0).

Liputan6.com, Dortmund: Borussia Dortmund memastikan merebut gelar juara Bundesliga 2010-2011 usai menundukkan Nurnberg 2-0 di Signal Iduna Park, Sabtu (30/4) malam WIB. Kemenangan ini membuat Dortmund unggul delapan poin yang artinya tidak akan sanggup lagi dikejar Bayer Leverkusen di tempat kedua dengan dua pertandingan tersisa.

Dua gol Die Schwarzgelben dipersembahkan Lucas Barrios dan Robert Lewandowski. Keberhasilan Dortmund merebut titel Bundesliga untuk ketujuh kalinya itu juga tidak terlepas dari kekalahan yang diderita Leverkusen juga dengan skor yang sama saat bertandang ke markas FC Koln di Rhein Energie Stadion.

Dortmund membutuhkan waktu 32 menit sebelum bisa menghasilkan peluang bersih saat bermain canggung di hadapan puluhan ribu suporter mereka. Peluang pertama itulah yang menghasilkan gol setelah tembakan Mario Gotze bisa ditepis kiper lawan sebelum bola rebound dituntaskan Barrios di mulut gawang. Gol tersebut membuat perbendaharaan gol striker internasional Paraguay itu bertambah menjadi 13 yang menegaskan namanya sebagai top skor klub.

Kepercayaan diri Dortmund pun berlipat ganda. Dua menit sebelum babak pertama usai Lewandowski menggandakan keunggulan Dortmund lewat tembakan lob yang melewati Raphael Schaefer, kiper Nurnberg.

Di paruh kedua anak-anak asuhan Juergen Klopp semakin percaya diri setelah mendengar teriakan para pendukung yang mendengar Leverkusen tertinggal dari Koln di pertandingan lain. Dengan nyaman Dortmund mengatur ritme untuk menjaga keunggulan dan gelar juara pertama mereka sejak 2002.

Di pertandingan lain, Leverkusen dibuat tak berdaya oleh sepasang gol yang diborong Milivoje Novakovic pada menit ke-67 dan 81. Gol itu sekaligus mengangkat Koln empat poin di atas posisi play-off degradasi. Sementara Leverkusen, meski kalah, cukup aman berada di urutan kedua dengan keunggulan tujuh poin dari Hannover 96 yang menghuni posisi tepat di bawah mereka dan delapan poin dari Bayern Muenchen yang bertemu Schalke 04 malam ini.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini