Sukses

Fans The Blues Paling Tajir

Saat ini Manchester City mungkin klub paling kaya di dunia tapi suporter mereka merupakan salah satu termiskin di Inggris. Rata-rata pendapatan per tahun fans Chelsea tertinggi dibanding lainnya.

Liputan6.com, London: Manchester City menjelma menjadi klub yang begitu glamor begitu diambilalih konsorsium Abu Dhabi. Sepanjang musim panas ini saja City mengeluarkan hampir 100 juta pound untuk belanja pemain, atau jika diestimasi dengan kurs 1 pound = Rp 16.500 setara dengan Rp 1,65 triliun.

Sokongan dari Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan membuat City diduga merupakan klub paling kuat dari sisi finansial. Tapi untuk ukuran kemakmuran fans The Citizens ternyata berada di urutan ketiga dari bawah, dari 20 klub yang beradar di Liga Premier musim ini.

Seperti dilansir media massa Inggris, gaji tahunan fans City ‘hanya’ sebesar 20.335 pound (Rp 335,5 juta). Mobil yang dikendarai harganya di kisaran 5.000 pound (Rp 82,5 juta) dan tinggal di rumah seharga 132 pound (Rp 2,1 miliar). 

Nah untuk ukuran paling tajir bertengger fans Chelsea. Fans yang berbasis di London Barat itu punya rekening tabungan yang per tahunnya bertambah 31.435 pound (Rp 518,6 juta). Mereka juga ditunjang fasilitas hidup lebih baik. Bandrol mobil yang dikendari berkisar 17.000 pound (Rp 280,5 juta) dan tinggal di rumah bernilai 202 juta pound (Rp 3,3 miliar).

Fans paling makmur kedua dan ketiga masih didiami klub asal London. Ditempat kedua ada Tottenham Hotspur dan disusul musuh bebuyutan Spurs, Arsenal. Sementara di posisi juru kunci didiami klub promosi, Burnley, yang memiliki gaji tahunan rata-rata sebesar 18.478 pound (Rp 304,7 juta).

Survei dilakukan BeatBarry.com yang diambil dari sampel acak 5.000 fans 20 klub Liga Premier. Selain tiga faktor tadi: gaji tahunan, harga mobil dan nilai rumah, mereka juga melakukan survei atas anggaran liburan per tahun, besarnya belanja mingguan serta anggaran sarana hiburan dan perbaikan rumah.

Untuk ukuran rumah, fans Fulham paling banyak memiliki rumah satuan. Sedangkan fans Wigan Athletic lebih banyak yang menghuni flat. Untuk anggaran liburan, fans Arsenal berada di urutan teratas yang mencapai 2.000 pound (Rp 33 juta) per tahun, atau dua kali lipat milik fans City. Sementara itu, suporter Fulham, Everton dan Birmingham paling tinggi dalam mengkonsumsi minuman beralkohol. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.