Sukses

Traore, "The New Adebayor"

Namanya Lacina Traore. Striker muda milik CFR Cluj. Di Rumania, Traore disebut-sebut mirip dengan Emmanuel Adebayor. Traore pun bermimpi bermain bersama Arsenal dan Arsene Wenger.

Liputan6.com, London: Namanya mungkin terdengar asing di telinga publik Emirates Stadium. Namun, manajer Arsenal, Arsene Wenger mulai memikirkan sosok remaja yang didaulat sebagai “The New Emmanuel Adebayor”. Namanya, Lacina Traore, 19 tahun, yang kini bermain bersama klub Rumania, CFR Cluj. Wenger diberi informasi tentang talenta yang dimiliki Traore, kelahiran Abidjan, Pantai Gading, oleh Jean-Marc Guillou, mantan asisten Wenger di Cannes.

Tentunya, Traore bukanlah kandidat yang akan diplot Wenger untuk mengisi kekosongan lini depannya yang ditinggalkan Robin van Persie. Wenger sebelumnya kerap disebut-sebut berminat memburu bomber Toulouse, Andre-Pierre Gignac dan striker West Ham United, Carlton Cole.

Namun, Traore tahu betul jika dirinya diperhatikan The Gunners. Traore pun dengan pede merasa yakin dapat meniru jejak langkah dua rekannya yang lebih senior di Timnas Pantai Gading, Didier Drogba dan Salomon Kalou yang sukses bermain bersama Chelsea.

Traore adalah alumnus akademi Sol Beni di Pantai Gading yang didirikan Guillou. Sejauh ini, Traore berkontribusi atas keberhasilan CFR Cluj meraih Piala Rumania dan Piala Super Rumania sejak bergabung ke Stadium Dr. Constantin Radulescu, markasnya Cluj, pada Januari 2008 lalu.

Di Rumania, dengan postur 198 cm, Traore disebut-sebut mempunyai kemiripan dengan Adebayor. Hal ini didasarkan atas style, kecepatan, dan kelihaiannya dalam mengolah bola. Traore pun diprediksi bakal menjadi tulang punggung The Elephants di masa mendatang.

“Bakal jadi mimpi yang menjadi kenyataan andaikata saya mendapat kesempatan bermain bersama tim besar. Saya punya kesempatan untuk itu. Sebab, Arsene Wenger sangat mengidolakan para pemain muda,” ujar Traore seperti yang dikutip Daily Express. “Tentunya, saya menjadi tertekan dengan dikait-kaitkan dengan klub elite Eropa. Tapi, itu pun jadi ambisi saya,” imbuhnya.

Traore mengklaim jika Vahid Halilhodzic, pelatih tim senior Pantai Gading, berjanji akan memberi kesempatan kepadanya. “Namun, peluang saya bakal membesar andaikata saya dapat bergabung bersama klub besar seperti Arsenal. Sensasional mendengar Wenger memonitoring perkembangan saya. Saya yakin saya dapat memetik kesuksesan di Inggris. Meski saya masih sangat muda, saya pikir saya punya pengalaman yang cukup dan ambisi yang besar. Di mana pun saya bermain, saya yakin saya dapat beradaptasi,” tandas Traore.

Cluj bakal meminta fee transfer Traore sekitar 3,5 juta pound. Sebelumnya, Cluj telah menolak tawaran sebesar satu juta pound plus 10 persen dari penjualan yang disodorkan Napoli. Selain Arsenal dan Napoli, Traore pun diminati Lazio, Hamburg, Udinese, dan CSKA Moskow.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini