Sukses

Terungkap, Pundi-pundi Penghasilan Rooney

Gara-gara komisi, Wayne Rooney dan istrinya, Coleen McLoughlin diseret ke meja hijau oleh Proactive. Dalam persidangan terungkap fakta seputar penghasilan mereka, termasuk gaji Rooney yang ‘hanya’ berjumlah 90 ribu pound (sekitar Rp 1,5 miliar) per pekan.

Gara-gara dituding berutang komisi, bintang Manchester United dan Timnas Inggris, Wayne Rooney dan istrinya, Coleen Rooney (McLoughlin) diseret ke meja hijau oleh agensi sport ternama, Proactive Sports Management. Dalam tuntutannya, Proactive menuding pasangan selebritas tersebut berutang komisi selama dua bulan. Rooney pun diklaim masih berutang sebesar 19 ribu pound atau sekitar Rp 308 juta terkait penggunaan kartu kredit yang dipakainya untuk membayar pesta di akhir pekan.

Seperti yang dilansir The Guardian dan The Telegraph, yang membuat Rooney dan Coleen marah adalah terungkapnya fakta-fakta—berbentuk dokumen—seputar pundi-pundi penghasilan mereka berdua. Kekayaan Rooney dan Coleen ditaksir berjumlah 35 juta pound (sekitar Rp 567 miliar).

Dari dokumen dalam persidangan, juga terungkap jika bayaran atau gaji Rooney di Old Trafford, sesusai dengan kontrak kerjanya sampai penghujung musim 2011-12, ‘hanya’ berjumlah 90 ribu pound (sekitar Rp 1,5 miliar) per pekannya. Selain itu, setiap enam bulan, Rooney mendapat bonus dari hak cipta sebesar 760 ribu pound (sekitar Rp 12,31 miliar).

Publik pun dapat mengetahui jika dalam setiap tahun, Rooney, 23 tahun, mendapat bayaran sebesar satu juta pound (Rp 16,2 miliar) dari Nike. Lalu, mantan striker Everton ini pun mendapat dua kali bonus dalam setahun dari perusahaan games raksasa, Electronics Arts (EA), sebesar 118.689,75 pound (sekitar Rp 1,92 miliar). Selain itu, sejauh ini Rooney telah mendapat komisi 3,55 juta pound (sekitar Rp 57,51 miliar) dari hasil penjualan otobiografinya.

Bagaimana dengan pendapatan sang istri, Coleen? Lebih dari lumayan tentunya. Dari bukunya, Coleen baru mendapat fee sebesar 283.334 pound (sekitar Rp 4,6 miliar). Dari pekerjaannya sebagai kolumnis majalah terkenal di Britania Raya, OK!, Coleen mendapat insentif sebesar 41.667 pound (sekitar Rp 675 juta) per bulannya. Dari kiprahnya sebagai presenter program Real Women TV Show di ITV, Coleen mendapat bayaran 13 ribu pound (sekitar Rp 210 juta) per episodenya.

Juru bicara pengadilan memberi konfirmasi terkait tuntutan Proactive tersebut. Sementara, juru bicara Rooney dan Coleen mengabarkan jika mereka berdua benar-benar marah melihat dokumen itu terungkap dalam persidangan. Sejak 2002, Wayne memang menjadi klien Proactive. Begitu pula dengan Coleen. Keduanya dituding berutang komisi sejak rekan terdekat mereka, Paul Stretford hengkang dari agensi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.