Sukses

Villa Kantongi Tiket Liga Eropa

Gol semata wayang John Carew memastikan kemenangan Aston Villa atas Hull City dalam lanjutan Liga Premier di Villa Park, Senin (4/5). Tambahan poin sempurna membuat tim besutan Martin O’Neill berhak untuk berlaga di Liga Eropa musim depan.

Aston Villa menuai poin penuh setelah mengalahkan Hull City 1-0 (1-0), Senin (4/5) atau Selasa dinihari WIB. Sebuah gol dari John Carew sudah cukup buat The Villans memastikan diri menjajal kebolehan di Liga Eropa musim depan. Sebaliknya Hull belum bisa beranjak dari posisi terakhir di zona aman, atau tiga poin lebih baik dari zona merah degradasi.

Kedua tim yang tampil impresif di paro pertama namun loyo di 2009 berlaga di Villa Park dalam lanjutan Liga Premier. Villa yang realistis tertutup untuk berlaga di Liga Champions ingin menjaga tempat di posisi lebih baik di zona Eropa.

Diawali tempo tinggi, Villa mengancam melalui Carew yang meneruskan umpan dari Stiliyan Petrov. Villa yang menguasai jalannya pertandingan memaksa Boaz Myhill melakukan penyelamatan gemilang saat menepis tendangan bebas James Milner menit ke-15.

Serangan di menit ke-34 akhirnya Carew memecah kebuntuan. Setelah Gareth Barry dan Petrov berhasil merebut bola dari mantan gelandang Villa, George Boateng, umpan silang dilepaskan Ashley Young. Sundulan Carew yang berdiri dalam posisi tepat berhasil menggetarkan gawang Hull.

Sesaat memasuki masa injury tim Myhill mengamankan gawangnya. Kiper tim tamu itu menepis tendangan dari Gabriel Agbonlahor. Itulah peluang terakhir sebelum turun minum. Myhill kembali menjadi momok yang alot buat Villa yang berusaha menambah kemenangan di babak kedua.

Selang 15 menit dari babak kedua dimulai Myhill dengan brilian mengantisipasi sundulan Agbonlahor. The Tigers tidak berkutik. Peluang terbaik tim besutan Phil Brown dicatat Daniel Cousin yang sepakannya lemah sehingga mudah dipatahkan Brad Friedel. Friedel kembali menyelamatkan serangan dari Kamil Zayatte.

Di lima menit terakhir Hull menekan. Beberapa kali mereka mendapat tendangan penjuru namun tidak ada yang menghasilkan gol. Bahkan demi satu poin Myhille ikut maju ke depan gawang Villa. Hasil tersebut menjadi kemenangan pertama Villa dari tujuh pertarungan terakhir. Sedangkan Hull masih harus bersaing dengan Middlesbrough dan Newcastle United untuk bisa selamat di Liga Premier.

Susunan pemain:
Aston Villa: Friedel; Luke Young, Davies, Knight, Shorey; Milner, Petrov (Reo-Coker 90), Barry, Ashley Young (Gardner 90); Carew (Heskey 86), Agbonlahor.
Hull: Myhill; Ricketts, Turner, Zayatte (kk), Dawson; Garcia, Boateng (kk), Ashbee (Marney 9), Kilbane (Manucho 73), Geovanni (Barmby 46); Cousin.
Wasit: Mike Dean.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini