Sukses

Kebijakan Baru Ferguson

Kebijakan baru diterapkan Sir Alex Ferguson di bursa transfer. Manchester United tidak akan merekrut pemain bintang yang telah berumur 26 tahun atau lebih dan tidak mempunyai harga jual tinggi di kemudian hari.

Liputan6.com, Manchester: Manchester United memboyong Dimitar Berbatov dari Tottenham Hotspur dengan fee transfer 30,75 juta pound pada 1 September 2008. Ketika itu, usia Berbatov telah memasuki 27 tahun—Berbatov lahir di Blagoevgrad, Bulgaria, 30 Januari 1981. Boleh jadi, rekrutmen ala Berbatov merupakan yang terakhir yang dilakukan Sir Alex Ferguson.

Seperti yang dilansir The Guardian, MU memberlakukan kebijakan baru di bursa transfer, yaitu tidak akan membeli seorang pemain yang telah berusia 26 tahun atau lebih dengan bandrol besar plus pemain yang tidak mempunyai harga jual yang tinggi di kemudian hari.

Pembatasan itulah yang membuat MU menepis klaim Bayern Muenchen terkait Franck Ribery. Meski Ferguson mengagumi winger Timnas Prancis itu, MU menolak pernyataan Chairman Muenchen, Karl-Heinz Rumennigge yang pada Selasa (16/6) kemarin mengklaim MU dan Chelsea telah menyodorkan tawaran resmi.

Menyimak kebijakan tersebut, striker Olympique Lyonnais, Karim Benzema, yang santer terdengar menjadi target Ferguson, masuk dalam daftar buruan. Benzema baru berusia 21 tahun. Bagaimana dengan Ribery yang baru saja memasuki usia 26 tahun pada 7 April lalu? Meskipun saat ini, Ribery dianggap tengah memasuki masa puncaknya, bandrol 60 juta pound yang disematkan pada dirinya dianggap MU terlalu mahal dan harga jualnya tidak terlalu tinggi.

Hal yang sama juga berlaku pada bintang Valencia, David Villa. Striker andalan Timnas Spanyol berusia 27 tahun ini, bandrolnya diperkirakan mencapai 45 juta pound. Pun demikian dengan penjebol pertama gawang Edwin van der Sar di final Liga Champions lalu, striker Barcelona, Samuel Eto’o. Dengan usianya yang telah menginjak 28 tahun, Eto’o dicoret dari daftar buruan.

MU dan Ferguson menyadari jika kebijakan baru ini tidak mendapat sambutan positif dari para fans klub yang berharap tim kesayangannya berhasil merekrut seorang pemain bintang untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo. Meski demikian, klub bersikukuh, kebijakan tersebut sangat menguntungkan.

Seperti diketahui, Ronaldo diboyong Ferguson di saat usianya masih 18 tahun. Saat itu, fee transfernya hanya 12,2 juta pound. Enam tahun berselang, Madrid membelinya dengan biaya 80 juta pound atau lebih dari 6,5 kali lipat. Kebijakan baru tersebut sejatinya sudah tampak dari rekrutmen yang dilakukan Ferguson dalam kurun dua tahun terakhir. Nemanja Vidic, Patrice Evra, Michael Carrick, Anderson, dan Nani, semuanya datang ke Old Trafford ketika usianya masih di bawah 25 tahun.

Selain Benzema, Luis Antonio Valencia, winger Wigan Athletic masuk dalam list. Valencia, punggawa Timnas Ekuador ini masih berusia 23 tahun. Namun, tak mudah bagi Ferguson untuk mengakuisisinya. Sebab, “Keputusannya berada di tangan si pemain (Valencia). Apakah akan bergabung ke Manchester United, Real Madrid, atau klub elite Eropa lainnya,” tutur Dave Whelan, Chairman Wigan. 

Whelan mengaku jika dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu dengan perwakilan MU dan Madrid. “Kami tidak dapat memaksanya untuk pergi (bergabung) dengan klub tertentu. Tiga atau empat hari ke depan, kami akan melakukan pertemuan dengan United dan Madrid. Tawaran yang mereka ajukan akan kami sampaikan kepada yang bersangkutan. Biarlah ia yang akan menentukan pilihannya sendiri,” tegas Whelan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini