Sukses

Tinggal Tes Medis yang Harus Dijalani Cruz

Tinggal selangkah lagi Roque Santa Cruz bereuni dengan Mark Hughes. Syaratnya, Santa Cruz lolos dari tes medis setelah Manchester City dan Blackburn Rovers menyepakati fee transfernya.

Liputan6.com, Manchester: Perjalanan panjang Manchester City menggaet striker Blackburn Rovers, Roque Santa Cruz, akhirnya membuahkan hasil. Kedua klub dikabarkan telah menyepakati besaran fee transfer penyerang Timnas Paraguay tersebut.

Jumlahnya ditaksir hanya mencapai 15 juta pound atau sekitar Rp 247,5 miliar atau 5 juta pound di bawah klausul buy-out Santa Cruz. Namun, ditambah add-ons, total pendapatan Rovers dari transfer Santa Cruz bisa menjadi 18 juta pound (sekitar Rp 297 miliar).

Seperti yang dilansir The Times Online, bisa jadi proses pembelian Santa Cruz akan dapat diselesaikan pada Senin (22/6) ini. Pasalnya, sesuai dengan prosedur, sebelum resmi meneken kontrak di City of Manchester Stadium, striker berusia 27 tahun ini akan menjalani tes medis. Seusai menjalani masa liburan, Santa Cruz bakal tiba di Manchester pagi ini.

Dengan asumsi lolos tes medis, Santa Cruz menjadi pemain kedua yang diboyong Hughes di bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, City berhasil memboyong kapten Aston Villa, Gareth Barry dengan fee transfer yang lebih rendah, 12 juta pound (sekitar Rp 198 miliar).

Meski demikian, seperti yang dilansir The Sun, tim medis City akan bertindak teliti dan saksama dalam proses tes medis tersebut. Pasalnya, di musim lalu, Santa Cruz sempat absen cukup panjang, 10 minggu. Gara-garanya cedera lutut. Karenanya, wajar jika kontribusi Santa Cruz di  Ewood Park menurun jauh, hanya mampu mencetak empat gol dari sembilan penampilannya di premiership.

Sebelum mencapai kesepakatan terkait fee transfer, di bursa transfer musim dingin Januari 2009, City sempat menyodorkan dua kali tawaran untuk memboyong mantan striker Bayern Muenchen tersebut. Rovers menolak kedua tawaran tersebut, yang masing-masing ditaksir mencapai 12 dan 16 juta pound.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.