Sukses

Soal Eto'o, MU Menyalip di Tikungan

Manchester City menarik diri dari negosiasi untuk mendapatkan striker Barcelona, Samuel Eto'o. Hal ini memberi jalan bagi Manchester United untuk menyalip jadi yang terdepan dengan fee transfer Rp 425 miliar.

Liputan6.com, Barcelona: Biarpun kepindahannya ke Manchester City karam, Samuel Eto’o masih memelihara asa merumput di Liga Premier Inggris, tapi bersama Manchester United. Agen striker Barcelona itu, Josep Maria Mesalles optimistis bahwa MU akan mengajukan penawaran resmi, News of the World menyebutkan 18 juta pound, sementara The Telegraph meyakini 25 juta pound (Rp 306 dan 425 miliar).

Kemarin City manarik diri dari negosiasi karena belum adanya kesepakatan. Proses panjang tawar-menawar antara Eto’o dan Barca mengenai kompensasi fee transfer membuat City kehilangan kesabaran, yang telah menyiapkan paket gaji 200 ribu pound per pekan (Baca: City Mundur dari Perburuan Eto’o). Dengan begitu City bisa memusatkan konsentrasi untuk Carlos Tevez dan meneruskan pengejaran John Terry.

MU masuk memanfaatkan situasi. Keuntungannya MU bisa menawarkan fee lebih rendah karena salah satu alasan Eto’o tidak lekas setuju ke Eastland adalah tidak adanya jaminan kapan bisa tampil di Liga Champions. Salah seorang sumber The Telegraph menyebutkan bahwa MU melayangkan paket gaji 150 ribu pound (Rp 2,5 miliar) ke penyerang berusia 28 tahun itu.

Satu ganjalan berarti yakni Eto’ menginginkan kontrak empat tahun, sementara Sir Alex Ferguson tidak ingin kontrak yang terlalu panjang untuk pemain yang sudah matang. Meski demikian Ferguson merupakan pengagum talenta Eto’o dalam menggedor gawang lawan. Catat, Eto’o adalah pembuka skor kemenangan 2-0 Barcelona atas MU di final Liga Champions, Mei lalu.

Meski nilai kontrak yang ditawarkan MU lebih kecil, Eto’o masih bisa menambah tebal koceknya melalui bonus dari jumlah penampilan dan golnya. “Di usia 28 tahun ia ingin bergabung dengan klub yang akan memberi kesempatan besar untuk memenangkan titel. Bukan semata uang yang dikejarnya. Ia lebih peduli dengan kematangan proyek dari klub tersebut,” ujar Mesalles seperti dilansir News of the World.

Namun MU diyakini akan mengambil sikap tegas tidak akan menunggu lama atau menaikkan tawaran. Kerelaan Barca melepas Eto’o akan sangat tergantung dari berhasil tidaknya membujuk  striker Valencia, David Villa ke Nou Camp. Dan media massa di Spanyol percaya dalam sepekan ini Villa akan bergabung dengan Carles Puyol dkk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.