Sukses

Minat Mourinho Jadi Suksesor Ferguson

Pelatih Inter Milan asal Portugal, Jose Mourinho mengaku berminat mengisi posisi yang lowong di Manchester United andaikata Sir Alex Ferguson menanggalkan jabatannya.

Liputan6.com, Manchester: Andaikata tidak ada aral melintang, Sir Alex Ferguson bakal menanggalkan jabatannya sebagai manajer Manchester United di akhir musim 2010-2011. Artinya, tinggal dua musim The Red Devils bakal ditangani manajer tersukses dalam sejarah tim dan juga di persepakbolaan Inggris tersebut.

Hal itu mengacu pada pernyataan Ferguson—kini berusia 67 tahun—di pengujung musim 2007-08 lalu yang menyatakan dirinya tidak akan lagi memangku jabatan manajer di tim mana pun ketika usianya telah menginjak 70 tahun (Baca: Tiga Tahun Lagi, Fergie).

Isu pensiunnya Ferguson dari lapangan hijau sebenarnya sempat berkumandang di musim 2001-02 lalu. Pada Februari 2002, Ferguson meralatnya. Meski demikian, isu pensiun tersebut membuat prestasi Roy Keane dkk melorot. Di akhir musim, tak ada satu gelar pun yang dapat diraih MU.

Menarik mereka-reka siapa yang bakal jadi pengganti Ferguson di Old Trafford. Yang bersangkutan sempat menunjuk mantan asistennya, Carlos Queiroz sebagai kandidat kuat untuk menjadi suksesornya (Baca, Ferguson: Queiroz Kandidat Kuat Suksesor). Namun, Ferguson mewanti-wanti publik, jika keputusan siapa yang bakal menerima tongkat kepelatihannya sangat tergantung dari keputusan owner klub, keluarga Malcolm Glazer.

Mantan ‘musuh’ Ferguson selama tiga musim, 2004-2007, Jose Mourinho dengan terbuka menyatakan ketertarikannya untuk menjadi suksesor Ferguson. “Saya akan menimbang pergi (menerima tawaran menjadi manajer) ke Manchester United. Namun, terlebih dahulu, United (MU) yang harus memberi sinyal tertarik merekrut saya sebagai pengganti Sir Alex Ferguson. Jika itu terjadi, tentu saja saya akan mempertimbangkannya,” tegas mantan manajer Chelsea berusia 46 tahun yang kini menjadi arsitek Inter Milan tersebut.

Mourinho, mempersembahkan dua gelar premiership (2004-05 dan 2005-06) plus titel FA Cup kepada Chelsea, mengaku sangat mengagumi atmosfir persepakbolaan Inggris. “Saya sangat suka dengan persepakbolaan di Inggris. Para fans klub begitu bersemangat mendukung tim kesayangannya. Atmosfirnya luar biasa,” puji Mourinho seperti yang dikutip Daily Mail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini