Sukses

Soal Lescott, Everton Tampik City

Konsentrasi Manchester City tertuju pada pembenahan di barisan pertahanan. Setelah memboyong Kolo Toure, The Citizens mengajukan penawaran buat bek serbabisa Everton, Joleon Lescott.

Liputan6.com, Manchester: Tidak lama setelah resmi mengontrak Kolo Toure dari Arsenal, Manchester City mengajukan penawaran segar untuk Joleon Lescott. Untuk memboyong bek internasional Inggris itu dari Everton, City menggelontorkan 19 juta pound atau Rp 311,6 miliar.

Toure menjadi rekrutmen keenam City di bursa transfer musim panas ini. Ia dibeli dengan fee sekitar 16 juta pound dan dikontrak empat tahun (Baca: Resmi, City Gaet Kolo Toure). Dengan demikian dalam delapan bulan terakhir City sudah mengeluarkan dana belanja lebih dari 100 juta pound.

Sektor pertahanan sepertinya jadi prioritas manajer City, Mark Hughes, setelah mengumpulkan striker kelas satu. Seusai Toure, City beralih pada Lescott yang diplot sebagai rekrutmen keenam. Sontak Everton merespon dengan penolakan.

David Moyes, manajer Everton, meyakini bandrol Lescott berkisar di angka 30 juta pound, sama dengan harga Rio Ferdinand yang dibeli Manchester United dari Leeds United pada 2002. Everton pasang harga karena tidak ingin melepas bek serbabisa itu ke City dengan harga murah, walau sadar situasinya bakal runyam jika Lescott meminta dirinya dilepas.

City sebelumnya memulai penawaran dengan 15 juta pound. Naik empat juta pound, Everton tidak bergeming meskipun penawaran itu tiga kali lipat dari pembelian Lescott dari Wolverhampton Wanderers di Juni 2006. Moyes mematok harga yang disesuaikan dengan harga pembelian Glen Johnson yang dibeli Liverpool sebesar 18,5 juta pound dari Portsmouth.

Jika Johnson hanya bisa bermain di sektor kanan, Lescott bisa beroperasi sebagai centre-back, bek kiri maupun kanan. Mungkin itulah yang ada di pikiran Moyes. Moyes juga berpikir karena jumlah itulah yang bisa dimanfaatkan Moyes untuk mencari pengganti bek berusia 26 tahun itu. Jika Lescott jadi hengkang juga, Moyes melirik Mathhew Upson, centre-back West Ham United.

Selain merekrut bek anyar, City juga meperbarui kontrak defender-nya. Nedum Onuoha yang kabarnya jadi alat tukar untuk memboyong Lescott, memperpanjang kontrak lima tahun.  Diperkirakan Onuoha akan mendapat gaji per pekannya sebesar 30 ribu pound (Rp 492 juta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini