Sukses

Ferguson: Chelsea Saingan Terberat

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson menilai Liverpool tetap tidak berpeluang menjadi yang terbaik di Liga Premier. Ferguson menunjuk Chelsea sebagai kompetitor terkuat.

Liputan6.com, Manchester: Tiga musim berturut-turut Manchester United berhak membusungkan dadanya menyusul keberhasilannya menjadi yang terbaik di pergelaran kompetisi Liga Premier Inggris. Meskipun kini di musim 2009-2010, The Red Devils, julukan MU, ditinggalkan dua bomber andalannya, Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez, skuad asuhan Sir Alex Ferguson itu tetap diperhitungkan sebagai kandidat jawara.

Lalu, tim mana yang bakal jadi ganjalan terberat bagi MU dalam upayanya mencetak rekor tersendiri dalam sejarah premiership: meraih gelar empat kali berturut-turut? Andaikata pertanyaan itu dialamatkan kepada Ferguson, manajer sepuh asal Skotlandia itu menunjuk Chelsea sebagai saingan utamanya.

Liverpool? Ferguson tak peduli dengan hengkangnya Xabi Alonso ke Real Madrid. Yang jelas, Ferguson menilai kiprah terbaik pasukan Rafael Benitez terjadi di musim lalu: menempati peringkat kedua dan mengantongi 86 poin dari 38 pertandingan. “Selama 20 tahun terakhir, musim lalu adalah musim terbaik bagi Liverpool, mengakhiri kompetisi dengan 86 angka dan tetap menjadi empat besar. Kini, sangat sulit bagi mereka untuk mengulangi catatan manis tersebut,” tutur Ferguson seperti yang dikutip The Guardian.

Ferguson lebih konsen dengan sepak terjang Chelsea yang bakal ditukangi manajer barunya asal Italia, Carlo Ancelotti, sosok yang telah mengantarkan AC Milan meraih gelar Liga Champions dua kali dan trofi Serie A. “Chelsea-lah yang akan menjadi saingan (ancaman) terberat. Ancelotti akan mengubah cara Chelsea bermain. Ia mempunyai fleksibilitas dan seyogyanya ia berharap banyak gol yang didapat dari Didier Drogba dan Nicolas Anelka," tuturnya.

"Lalu, Chelsea pun akan bermain seperti pola yang diterapkan Milan. Itulah yang membuatnya (Ancelotti) meraih dua gelar Eropa (Liga Champions). Bahkan, seharusnya tiga kali mengingat mereka (Milan) seharusnya tidak harus menelan kekalahan dari Liverpool (final Liga Champions 2005 di Istanbul, Turki),” tegas Ferguson.

Mantan pelatih Aberdeen itu mengaku jika MU sangat kehilangan Ronaldo. Meski demikian, Ferguson yakin para pemain mudanya bakal tampil cemerlang dan mampu menutupi kekosongan yang ditinggalkan Ronaldo. “Kami tahu kami tidak mungkin mencari sosok pengganti Ronaldo. Tidak peduli dengan penilaian publik, bagi saya ialah pesepakbola terbaik di dunia saat ini," katanya.

Nah, "Karena ketidakmungkinan itulah kami akan mencoba cara yang berbeda. Publik terlalu memandang rendah kemampuan kami dalam mengembangkan kualitas pemain. Kami sangat berharap banyak dari (Jonny) Evans, (Danny) Welbeck, (Darron) Gibson, (Federico) Macheda, dan kakak beradik Da Silva. Begitu pula dengan Nani dan Anderson. Saya yakin di musim depan mereka akan tampil lebih baik,” tandas Ferguson penuh percaya diri. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini