Sukses

Kesempatan Terbuka di Depan Ben Foster

Cederanya Edwin van der Sar membuka selebar-lebarnya kesempatan buat Ben Foster unjuk kemampuan. Tampil apik menjaga gawang Manchester United, Foster menatap posisi utama di skuad The Three Lions.

Liputan6.com, London: Terbuka kesempatan bagi Ben Foster menghuni tempat utama di Manchester United selepas cederanya Edwin van der Sar selama delapan pekan. Mampu menjaga konsisten bersama MU menggulirkan kesempatan baginya menjadi pilihan pertama Fabio Capello di skuad Timnas Inggris.

Manajer Timnas Inggris itu hadir di Old Trafford untuk mengamati Foster dalam laga persahabatan kontra Valencia, Rabu (5/8) atau Kamis dini hari WIB. Kans kiper berusia 26 tahun itu menjaga gawang The Three Lions sangat terbuka lantaran Capello dalam beberapa kesempatan mengaku kurang berkenan dengan opsi kiper utama saat ini yang dihuni David James.

Meski sudah masuk kategori veteran, berumur 39 tahun, James tidak jarang membuat blunder yang tidak perlu. Opsi di belakangnya juga tidak menggugah Don Fabio. Robert Green dan Scott Carson tidak bersinar di level internasional. Pun bosnya di MU, Sir Alex Ferguson seolah-olah memberi garansi.

“Tidak perlu ditanyakan, dalam benakku suatu saat nanti ia akan menjadi kiper utama Inggris,” ujar Ferguson kepada The Times. “Tidak ada kiper (Inggris) yang lebih baik dari dirinya.”

Absennya Van der Sar membuat Ferguson mau tidak mau bakal memberi kepercayaan lebih buat kiper yang musim lalu hanya mencatat tiga kali tampil di Liga Premier. Van der Sar sendiri mengalami cedera patah tulang jemari dan tangan kanan dalam adu penalti kontra Bayern Muenchen di final Audi Cup pekan lalu (Baca: Van der Sar Cuti Dua Bulan).

Kepercayaan dari Ferguson datang saat laga kontra Valencia, yang dimenangi MU 2-0, meski Ferguson masih memiliki Tomasz Kuszczak. Foster tampil sebagai starter pada laga tersebut dan sepertinya akan tetap demikian untuk laga kontra Chelsea di ajang Community Shield, Minggu (9/8), dan untuk awal Liga Premier musim ini.

Di level internasional, Foster diprediksi akan dipanggil Capello yang akan mengumumkan skuadnya pada Sabtu (8/8) untuk laga persahabatan kontra Belanda di Amsterdam ArenA, Rabu (12/8). Kesempatan yang tentunya tidak boleh disia-siakan Foster.

Foster muda menghabiskan empat tahun di Stoke City tanpa mampu menembus tim utama. Ia dipinjamkan ke beberapa klub gurem sebelum direkrut MU pada 2005 dengan fee 1 juta pound. Namun ia dipinjamkan ke Watford untuk mendapat pengalaman bertanding. Bersama Watford talentanya mulai mengemuka dan sosoknya lebih banyak dikenal orang ketika tampil heroik di final Piala Carling mengantar MU juara melewati babak adu penalti versus Tottenham Hotspur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.