Sukses

MU Menang Tipis

Awal kurang meyakinkan bagi juara bertahan Manchester United yang hanya mampu meraih kemenangan tipis 1-0 langsung atas Birmingham City di laga perdana premiership yang berlangsung di Old Trafford, Minggu (16/8).

Liputan6.com, Manchester: Juara bertahan Manchester United menoreh langkah awal yang kurang meyakinkan di laga perdana premiership yang berlangsung di kandang sendiri, Old Trafford, Minggu (16/8) siang waktu setempat. MU hanya mampu meraih kemenangan tipis 1-0 langsung atas tim promosi Birmingham City. Gol semata wayang kemenangan tuan rumah dicetak striker andalan Wayne Rooney di menit k3-34. Gol ke-99 Rooney bagi MU di semua ajang kompetisi.

Dalam laga perdana tersebut, Sir Alex Ferguson terpukul dengan cederanya kapten kedua sekaligus palang pintu andalan, Rio Ferdinand yang mengalami cedera betis saat latihan. Alhasil, di lini pertahanan Ferguson mengandalkan duet John O’Shea dan Jonny Evans. Di lini depan, Dimitar Berbatov jadi tandem Rooney. Di lain pihak, manajer The Blues, julukan Birmingham, Alex McLeish tak mau gegabah dan menerapkan formasi 4-5-1 dengan menugaskan Cameron Jerome sebagai target man. Sementara, striker veteran, James McFadden digeser ke sayap.

Sejak kick-off babak pertama dibunyikan wasit Lee Mason, tampak terang jika MU mendominasi jalannya pertandingan. Di menit kedelapan, tendangan keras Patrice Evra dapat ditangkap dengan baik oleh Joe Hart. Semenit kemudian, Birmingham mencoba membalas lewat sepakan McFadden yang tipis melenceng di sebelah kiri gawang Ben Foster.  Di menit ke-12, Hart melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan lob Rooney dari jarak 25 meter.

Gempuran yang dilakukan tuan rumah akhirnya membuahkan hasil di menit ke-34. Bermula dari pergerakan Nani yang bergerak di sektor kiri menyodorkan umpan lambung ke tengah kotak penalti. Sundulan Rooney membuat Hart mati kutu. Namun, bola hanya membentur tiang gawang. Beruntung bagi MU, bola rebound mengarah ke arah Rooney yang tanpa kesulitan menceploskannya ke dalam gawang yang telah kosong. 1-0 untuk MU.

Tertinggal membuat The Blues mencoba membalas. Dalam selang dua menit gawang Foster terancam. Pertama ketika sepakan Jerome tipis bergulir di sebelah kanan gawang. Kedua, sundulan Franck Queudrue meneruskan corner Sebastian Larsson tak mampu diantisipasi Foster. MU patut berterima kasih kepada Evra yang berhasil mengamankan sundulan Queudrue dengan aksinya di bawah mistar. Di injury time, Darren Fletcher membuang peluang emas ketika tendangannya menyamping tipis. Sampai jeda tiba, skor tetap 1-0 untuk MU.

Di awal babak kedua, Ferguson menarik Nani dan menurunkan Ryan Giggs. Tak sampai dua menit berlalu, Rooney kembali mengancam ketika sepakannya lagi-lagi dapat dimentahkan Hart. Di menit ke-58, Keith Fahey melancarkan tendangan keras yang tipis bergulir di samping kanan gawang MU. Birmingham terus mencari gol balasan ketika sepakan McFadden terlalu tepat berlabuh di pelukan Foster. Di menit ke-71, MU mendapat peluang ketika sundulan Berbatov meneruskan tendangan sudut diselamatkan Stephen Carr di bawah mistar. Semenit kemudian, giliran Paul Scholes yang membuang peluang ketika tendangannya terlalu lemah.

Di 15 menit terakhir, konsentrasi anak-anak MU mulai memudar. Di menit ke-78, Foster harus berjuang keras dengan melakukan penyelamatan spektakuler saat gerak refleksnya mampu menepis sepakan striker pengganti asal Ekuador, Christian Benitez. Peluang terbaik Birmingham. Di menit ke-83, sundulan Rooney meneruskan crossing Giggs melenceng tipis di sebelah kanan gawang Birmingham. Peluang terbaik MU untuk menggandakan keunggulan tercipta di menit kedua injury time. Dalam posisi satu lawan satu, Michael Owen gagal menaklukkan Hart ketika sepakannya masih membentur kaki mantan kiper Manchester City itu dan bergulir ke luar lapangan. Sampai peluit akhir, MU tak mampu mengubah kedudukan.

Susunan Pemain:
MU: Foster, Fabio Da Silva, O'Shea, Jonathan Evans (Brown), Evra, Valencia, Fletcher (KK) Scholes, Nani (Giggs), Berbatov (Owen), Rooney.
Birmingham: Hart, Carr, Roger Johnson, Queudrue, Vignal (KK), Larsson, (O’Shea) Ferguson, Carsley (Benitez), Fahey, McFadden, Jerome (O’Connor). 
Wasit: Lee Mason.
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini