Sukses

Spurs Jungkalkan Liverpool

Liverpool menjadi satu-satunya tim the big four yang menelan pil pahit di laga perdana premiership. Berkunjung ke White Hart Lane, Minggu (16/8), The Reds harus mengakui keunggulan Tottenham Hotspur 1-2 (0-1).

Liputan6.com, London: Liverpool mengawali kompetisi Liga Premier Inggris musim 2009-2010 dengan mengecewakan. Berkunjung ke White Hart Lane, The Reds—julukan Liverpool—harus menelan pil pahit dikalahkan tuan rumah Tottenham Hotspur 1-2 (0-1). Dua gol kemenangan Spurs dihasilkan dari tendangan spektakuler bek kiri Benoit Assou-Ekotto di menit ke-44 dan sundulan bek Sebastien Bassong di menit ke-59. Sementara, satu-satunya gol balasan Liverpool dicetak kapten tim Steven Gerrard dari titik putih penalti di menit ke-55. Dengan hasil ini, Liverpool jadi satu-satunya tim the big four yang gagal menoreh poin di pekan pertama. Tiga tim elite lainnya, Chelsea, Arsenal, dan Manchester United sama-sama sukses meraup poin maksimal.

Di laga perdana ini, manajer Spurs, Harry Redknapp menurunkan duet Robbie Keane dan Jermain Defoe di lini depan. Rekrutmen anyar Sebastien Bassong mendapat kepercayaan untuk menajdi tandem Ledley King seiring dengan absennya Jonathan Woodgate dan Michael Dawson. Di lain pihak, Rafael Benitez bersyukur dengan kembali fitnya kapten Steven Gerrard. Pun begitu pula dengan duet palang pintu Jamie Carragher dan Martin Skrtel.

Di menit-menit awal, Liverpool mencoba menggebrak pertahanan Spurs lewat akselerasi striker andalan Fernando Torres. Menginjak 10 menit, Spurs mulai dapat mengimbangi permainan tim tamu. Di menit ke-15, Skrtel dan Carragher terlibat insiden adu kepala yang membuat pertandingan sempat terhenti selama dua menit. Carragher kemudian melanjutkan pertandingan dengan balutan di kepalanya. Selama 30 menit pertama, boleh dibilang tidak ada peluang berarti yang diraih kedua tim.

Baru di menit ke-31, tendangan spekulatif yang dilontarkan Gerrard melenceng di sebelah kanan gawang Heurelho Gomes. Semenit kemudian, Spurs mendapat peluang emas pertama ketika sundulan Keane menyongsong umpan crossing Luka Modric masih dapat diblok Pepe Reina. Di menit ke-34, kembali Keane memperoleh kesempatan untuk mencetak gol. Kembali mendapat sodoran manis Modric, Keane lagi-lagi gagal mengelabui Reina. Dari tendangan sudut, sundulan Defoe yang berdiri cukup bebas juga melebar dari sasaran. Di menit ke-41, Keane kembali membuang peluang emas. Tembakannya di dalam kotak penalti justru melambung tinggi.

Satu menit jelang jeda tiba, Spurs mendapat hadiah free-kick beberapa meter di luar kotak penalti menyusul pelanggaran terhadap Wilson Palacios. Eksekusi Tom Huddlestone membentur badan Emiliano Insua. Bola rebound mampir di kaki Assou-Ekotto. Setelah mengontrol bola sejenak, lewat kaki kirinya, bek kelahiran Prancis berdarah Kamerun ini melancarkan tendangan keras yang telak bersarang di sudut kanan gawang Liverpool tanpa dapat dijangkau Reina. Skor 1-0 untuk Spurs bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Gerrard dkk tampil agresif mengejar ketertinggalan. Tiga menit berselang, tendangan sang skipper tipis bergulir di sisi kanan gawang Gomes. Spurs tak mau ketinggalan dan membalas lewat sepakan keras Palacios yang dengan susah payah harus ditip oleh Reina. Di menit ke-55, usaha Liverpool menyamakan kedudukan membuahkan hasil lewat eksekusi penalti Gerrard. Skor 1-1. Gol ini merupakan kontribusi besar dari akselerasi bek kanan Glen Johnson yang mengobrak-abrik sisi kiri pertahanan Spurs. Aksi Johnson baru berhenti setelah mendapat ganjalan dari Gomes. Pelanggaran yang berbuah tendangan 12 pas bagi tim tamu.

Publik White Hart Lane bersorak kegirangan empat menit kemudian. Spurs unggul 2-1 lewat sundulan Bassong meneruskan tendangan bebas Modric. Liverpool mendapat peluang dua menit kemudian, ketika free-kick Gerrard ditip Gomes. Di 15 menit terakhir, Liverpool mendominasi pertandingan menyusul masuknya Yossi Benayoun dan Andriy Voronin. Namun, kurang cermatnya penyelesaian akhir membuat Spurs berhasil mempertahankan keunggulan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Spurs: Gomes (KK), Corluka, King, Bassong, Assou-Ekotto (KK), Lennon (KK), Palacios, Huddlestone, Modric (O’Hara), Keane (Crouch), Defoe (Pavlyuchenko).
Liverpool: Reina, Johnson, Carragher (KK) Skrtel (KK, Ayala), Insua, Kuyt (Voronin), Mascherano (KK), Lucas, Babel (Benayoun), Gerrard, Torres.
Wasit: Phillip Dowd.
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.