Sukses

Kyrgiakos Merapat ke Anfield

Rafael Benitez berharap banyak bisa memboyong Sotirios Kyrgiakos ke Liverpool meski tawaran Rp 24,6 miliar ditampik AEK Athens. Bek internasional Yunani itu berbulat tekad hijrah ke Anfield.

Liputan6.com, Liverpool: Krisis melanda barisan belakang Liverpool. Daniel Agger tidak kunjung pulih dari permasalahan di punggung. Di saat bersamaan Martin Skrtel mengalami cedera pangkal paha. Alhasil saat Liverpool menggulung Stoke City 4-0 dini hari (WIB) tadi, Benitez menurunkan Daniel Ayala, 19 tahun, untuk menemani Jamie Carragher.

Benitez pun dituntut menghadirkan tambahan pemain untuk lini belakang. Namun rada sulit lantaran bujet belanja tidak disediakan co-owner Tom Hicks dan George Gillett Jr jika tidak dibilang minim. Perputaran otak Benitez menyasar ke Sotirios Kyrgiakos, bek internasional Yunani berusia 30 tahun.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Liverpool telah mengajukan penawaran 1,5 juta pound atau Rp 24,6 miliar, dengan kurs 1 pound = Rp 16.400, yang ditampik AEK Athens, klub tempat Kyrgiakos bernaung. Klub Yunani itu berpegang pada bandrol 3 juta pound (Rp 49,2 miliar). Meski demikian diperkirakan kedua klub bisa berkompromi untuk masalah tersebut.

Kyrgiakos sendiri berbulat tekad menuju Anfield. Ia mengucapkan salam perpisahan ke rekan-rekannya sesaat sebelum AEK bertolak menghadapi klub Rumania, SC Vaslui, di ajang Liga Europa. Kyrgiakos dalam situs pribadinya juga mengungkapkan dirinya tengah melangkah menuju Anfield.

“Saya memberitahu ke fans AEK bahwa pada Senin (17/8) lalu saya menerima tawaran dari Liverpool,” kata Kyrgiakos. “Saya bisa mengerti kondisi ini sulit mengingat kami tengah bersiap untuk laga kualifikasi Liga Europa. Buat saya kesempatan bermain di Liverpool sebuah kualifikasi tersendiri.”

Ia menambahkan: “Saya telah mengambil keputusan akhir yang diterima Presiden Klub maupun pelatih.” Kyrgiakos telah 49 kali memperkuat Yunani. Ia tergolong pemain nomaden. Jika kesampaian, Liverpool akan menjadi klub keenam dalam kariernya. Ia dikenal ‘galak’ dalam mengawal striker lawan dan memiliki kemampuan duel udara mumpuni. Ia mendulang pengalaman di tanah Inggris Raya saat membela Rangers pada musim 2005-06.

Meski demikian AEK Membantah telah terjadi kesepakatan mengenai fee. “Sampai sekarang belum ada kesepakatan antara AEK dan Liverpool.” Demikian pernyataan resmi dari AEK. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini