Sukses

Adebayor Menangkan City

Manchester City meraih kemenangan saat bertandang ke Fratton Park, markasnya Portsmouth. Gol lewat sundulan kepala striker Emmanuel Adebayor membuat City unggul 1-0 langsung.

Liputan6.com, Portsmouth: Manchester City terus menjaga rekor sempurna di tiga pertandingan perdana premiership musim 2009-2010. Setelah mengungguli Blackburn Rovers dan Wolverhampton Wanderers, City sukses meraih tambahan tiga angka saat bertandang ke Fratton Park, markasnya Portsmouth, Minggu (30/8).

Gol semata wayang striker asal Togo, Emmanuel Adebayor lewat sundulannya di menit ke-30 sudah cukup bagi City untuk mengempaskan Pompey, julukan Portsmouth. Gol tersebut membuat Adebayor selalu berhasil menjebol gawang lawan di tiga laga Liga Premier. Sebaliknya, kekalahan keempat kalinya secara beruntun yang diderita skuad asuhan Paul Hart kian membenakam posisi Portsmouth di dasar klasemen sementara.

Disaksikan pemilik baru klub, Sulaiman Al-Fahim, Hart mengubah drastis komposisi starting line-up-nya mengingat hengkangnya Sylvain Distin dan kian dekatnya pintu gerbang keluar bagi kiper utama David James. Selain kedua pemain, Hart pun membangkucadangkan striker kawakan Nwanko Kanu dan Marc Wilson. Di lain pihak, Mark Hughes menyimpan Robinho di bangku cadangan dan memainkan Craig Bellamy untuk menjadi trio bomber bersama-sama Adebayor dan Carlos Tevez.

Di awal babak pertama, Pompey berusaha mengancam lewat akselerasi striker baru Frederic Piquionne yang dapat digagalkan kiper Shay Given. Sejak itu, City yang unggul materi mulai mendominasi jalannya pertandingan. Tendangan bebas Tevez hanya melebar dari gawang yang dijaga Asmir Begovic yang kemudian melakukan penyelamatan gemilang dengan keberaniannya mencuri bola dari kaki Micah Richards.

Usaha City untuk meraih kemenangan baru terwujud di menit ke-30. Bermula dari tendangan sudut yang diambil Gareth Barry. Berhasil melepaskan diri dari kawalan Aaron Mokoena, dengan bebas Adebayor menanduk bola ke dalam gawang tanpa mampu ditepis Begovic. 1-0 untuk City. Sepuluh menit kemudian, gol Richards meneruskan umpan silang Bellamy dianulir wasit Howard Webb karena sebelumnya Richards telah berada dalam posisi off-side.

Di babak kedua, City tetap dominan. Begovic harus berjuang keras menahan gempuran Adebayor. Di menit ke-60, Richards cedera. Pompey mulai mampu menekan pertahanan City yang dikoordinir bek baru Joleon Lescott dan Kolo Toure. Sejumlah peluang berhasil didapat melalui upaya tembakan Hayden Mullins, sundulan Younes Kaboul, dan Utaka yang turun di 15 menit terakhir. Pompey mendapat peluang emas ketika sepakan Hughes dari jarak 10 meter melebar dari gawang Given. Pun begitu pula dengan usaha David Nugent. Sampai peluit akhir berbunyi, skor masih tetap 1-0 untuk tim tamu.

Susunan Pemain:
Portsmouth:
Begovic, Vanden Borre, Kaboul, Mokoena (KK), Belhadj, Brown, Mullins, Hughes (KK, Nugent, 87) Smith (Utaka, 68), Piquionne (Kanu, 73), Kranjcar.
City:
Given, Richards (Zabaleta, 60, KK), Toure, Lescott, Bridge, Wright-Phillips, Ireland (De Jong, 76), Barry, Bellamy, Adebayor, Tevez.
Wasit: Howard Webb.
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini