Sukses

Fulham Benamkan Everton

Sempat tertinggal, Fulham membalikkan keadaan dan berbalik mengungguli Everton 2-1 (0-1). The Toffees semakin terbenam di papan bawah klasemen.

Liputan6.com, London: Tuan rumah Fulham berhasil mengejar ketertinggalan dan akhirnya berbalik unggul 2-1 (0-1) saat menjamu Everton dalam pertandingan yang digelar di Craven Cottage, London, Minggu (13/9). Dua gol kemenangan The Cottagers lahir dari tendangan keras Paul Konchesky di menit ke-57 dan Damien Duff di menit ke-79. The Toffees unggul terlebih dahulu lewat sundulan Tim Cahill di menit ke-33. Dengan hasil ini, Fulham naik ke papan tengah dengan mengumpulkan enam angka dari 4 laga. Sementara, Everton kian terbenam di peringkat ke-19 dengan 3 poin.

Di menit-menit awal babak pertama, kedua tim tampil buruk. Tim tamu yang menduetkan Joseph Yobo dan Sylvain Distin di lini belakang, perlahan mulai memegang kendali permainan. Di menit ke-15, gelandang muda Jack Rodwell mencoba menguji ketangguhan kiper muda yang baru memulai debutnya bersama Fulham, David Stockdale. Di lain pihak, akselerasi Clint Dempsey tak cukup untuk mengganggu kemapanan Tim Howard.

Usaha Everton membuahkan hasil di menit ke-33. Bermula dari pelanggaran yang dilakukan kapten Fulham, Danny Murphy terhadap Steven Pienaar. Tendangan bebas diambil Leighton Baines. Tim Cahill berhasil memenangi duel di udara dengan Dickson Etuhu. Sundulannya membuat Stockcdale mati langkah. Skor 1-0 bertahan sampai jeda tiba.

Di awal babak kedua, anak-anak asuhan Roy Hodgson tampil lebih agresif. Dalam 10 menit awal, Everton dibuat tunggang langgang menahan serbuan Andrew Johnson dkk. Di menit ke-57, tuan rumah mendapat tendangan bebas di luar kotak penalti. Eksekusi Murphy membentur pagar betis. Bola rebound disambut Konchesky lewat tendangan keras kaki kirinya. Antisipasi Howard sudah benar, apa daya bola membentur kaki Distin dan berbelok arah. Gawang Everton pun jebol. Skor berubah menjadi 1-1.

Gol tersebut kian meningkatkan semangat dan daya juang Johnson dkk. Apalagi, Everton kehilangan kapten tim Phil Neville yang dibekap cedera lutut. Fulham memastikan raihan tiga poin lewat sepakan sempurna winger-nya yang baru dibeli di bursa transfer musim panas lalu, Damien Duff. Mendapat umpan dari Johnson, Duff melakukan akselerasi ke kotak penalti. Meski dikawal Baines, Duff masih mampu melancarkan tendangan keras lewat kaki kirinya yang tak mampu diselamatkan Howard.

Di menit-menit akhir, Everton nyaris berhasil menyamakan kedudukan ketika sundulan Marouane Fellaini dapat diblok Stockdale. Begitu pula dengan tembakan Yobo yang masih dapat diselamatkan Murphy yang berdiri di bawah mistar gawang. Skor 2-1 bertahan sampai bubaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.