Sukses

Birmingham Incar Sheva

Birmingham City mengumbar hasrat memboyong kembali Andriy Shevchenko ke Liga Premier. Owner Blues yang juga taipan asal Hong Kong, Carson Yeung, berada di balik ambisi tersebut.

Liputan6.com, Birmingham: Taipan asal Hong Kong, Carson Yeung mengusung ambisi besar di Birmingham City. Sejak resmi mengambil alih saham mayoritas senilai 80 juta pound, Agustus lalu, Yeung berniat membangun Birmingham dengan memboyong para pemain yang sudah punya nama ke St Andrews Stadium.

Demi memperkuat skuad Blues di bursa transfer musim dingin yang dibuka Januari nanti, Yeung sedikitnya menyiapkan anggaran 20 juta pound. Dan salah satu pemain yang diincar yakni Andriy Shevchenko. Mantan penggedor Chelsea dan AC Milan berusia 33 tahun ini merupakan salah satu dari dua penyerang yang menjadi target Birmingham.

Demi membangun tim bertabur bintang, Birmingham, dalam hal ini Yeung, meminta bantuan super-agent Pini Zahavi, sebagaimana ditulis Mirror. Dan Sheva yang musim panas lalu kembali ke Dynamo Kiev merupakan salah satu opsi terdepan.

Yeung berusaha menaikkan citra Birmingham di Asia, khususnya di Cina yang merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia. Tujuannya tiada lain mengatrol keuntungan yang salah satunya dari penjualan merchandise dan mengumpulkan pemain tenar merupakan cara instan untuk membangun publisitas Birmingham.

Sepertinya Yeung tidak peduli dengan jejak rekam Sheva yang tenggelam sejak dibeli Chelsea dari Milan pada Mei 2006. Pemilik Grandtop International Holdings (GIH) juga siap mengubah struktur gaji di St Andrews demi membujuk penyerang internasional Ukraina itu kembali ke premiership.

Tangan kanan Yeung, Sammy Yu, dipercaya bekerjasama dengan manajer Birmingham, Alex McLeish dalam menyusun daftar pemain yang dijadikan target belanja. Selain membutuhkan dua penyerang, Birmingham juga menginginkan tambahan di sektor gelandang tengah dan bek kiri. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.