Sukses

Januari, Ada Kans Chelsea Belanja Pemain

Terkuak kemungkinan Chelsea bisa bermanuver di bursa transfer pemain, Januari nanti. Pengadilan Arbitrase Olahraga untuk sementara menangguhkan keputusan terkait hukuman larangan pembelian pemain yang dijatuhkan FIFA.

Liputan6.com, Lausanne: Masih ingat skorsing pembelian pemain yang dijatuhkan FIFA? Badan sepakbola dunia tersebut menjatuhkan sanksi yang tidak memperkenankan The Blues membeli pemain baru hingga Januari 2011 terkait skandal pembelian Gael Kakuta pada 2007.

Akan tetapi kemungkinan Chelsea bisa berbelanja pemain begitu bursa transfer musim dingin dibuka Januari nanti. Pengadilan Arbitase Olahraga (CAS) mengabulkan permohonan Chelsea untuk menangguhkan sanksi hingga keluar keputusan akhir menyangkut pengajuan banding yang diajukan klub milik Roman Abramovich tersebut.

Dari markasnya di Lausanne, Swiss, CAS menyatakan: “CAS mengabulkan permohonan yang diajukan Chelsea FC dan Tuan Gael Kakuta terkait keputusan Dewan Resolusi FIFA pada 27 Agustus 2009. Sanksi yang diputuskan untuk sementara ditangguhkan sampai CAS mengeluarkan keputusan final.”

Dalam keputusannya, selain menjatuhkan sanksi ke Chelsea, Dewan Resolusi FIFA juga menjatuhkan skorsing empat bulan kepada Kakuta, baik di pertandingan resmi maupun tidak resmi. CAS sepertinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar mempelajari keputusan FIFA. Dan sepertinya keputusan akhir CAS itu belum akan keluar hingga pergantian tahun.

Ketetapan ini hampir dipastikan memberi keleluasaan bagi Carlo Ancelotti, manajer Chelsea, untuk membeli pemain baru pada Januari nanti. Meski tim asuhannya memuncaki Liga Premier dan sudah memastikan diri lolos ke fase knock-out Liga Champions, Ancelotti tetap berniat memperkokoh skuadnya dengan tambahan pemain anyar.

Manajer asal Italia itu musim panas lalu gagal mendatangkan striker dan gelandang berkelas, juga di posisi bek kanan. Dan kesempatan itu tidak ingin disia-siakan di bursa transfer musim dingin. Belum lagi keikutsertaan Didier Drogba, Salomon Kalou, John Obi Mikel dan Michael Essien di Piala Afrika. Keempatnya membela negara masing-masing sekitar sebulan, Januari nanti. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.