Sukses

Birmingham Tahan Seri Liverpool

Liverpool gagal mendulang poin penuh dalam lanjutan Liga Premier di Anfield, Selasa dini hari WIB. The Reds ditahan imbang 2-2 (1-2) Birmingham City.

Liputan6.com, Liverpool: Liverpool kembali gagal memetik kemenangan. Setelah kalah 1-3 dari Fulham akhir pekan lalu dan ditahan Olympique Lyonnais di Liga Champions, The Reds harus puas meraih satu poin setelah ditahan seri Birmingham City 2-2 di Anfield, Senin (9/11) atau Selasa dini hari WIB.

Posisi Fernando Torres yang absen akibat cedera pangkal paha diisi David Ngog, sedangkan Albert Riera sudah bisa bermain di sayap kiri. Liverpool menekan dan memimpin pada menit ke-13. Kiper Birmingham, Joe Hart dua kali berturut-turut menyelamatkan gawangnya dari sepakan Ngog dan Dirk Kuyt, sebelum akhirnya dijebol juga oleh Ngog melalui tembakan voli dari assist Riera.

Kuyt memiliki peluang menggandakan keunggulan dua menit berselang, namun sundulannya masih melayang di atas sasaran. Birmingham membalas melalui sundulan Christian Benitez yang meneruskan tandukan Roger Johnson yang menyambut tendangan bebas James McFadden pada menit ke-26. Gol perdana dari striker internasional Ekuador tersebut di Liga Premier.

Liverpool bernafsu mengembalikan keunggulan. Satu tendangan jarak jauh Javier Mascherano bisa ditepis Hart dan sepak pojok menghadirkan kemelut namun bisa diredam barisan belakang Birmingham. Tim asuhan Alex McLeish membahayakan gawang Pepe Reina dari serangan balik yang salah satunya dicatat Benitez di menit ke-43. Steven Gerrard masuk menggantikan Riera yang nampak masih belum pulih benar dari cedera.

Saat injury time babak pertama berjalan tiga menit publik Anfield dikejutkan gol spektakuler Cameron Jerome. Tendangan jarak jauh Jerome setelah menerima sundulan Liam Ridgewell mengoyak gawang The Reds tanpa bisa dihentikan Reina. Birmingham ganti memimpin mengakhiri babak pertama.

Liverpool menekan selepas masa istirahat. Peluang dari umpan matang Glen Johnson tidak mampu ditanduk sempurna Gerrard di menit ke-63. Serangan yang dibangun tim tuan rumah akhirnya membuahkan penalti yang sukses dialgojoi Gerrard pada menit ke-71.

Keputusan penalti yang kontroversial dari wasit Peter Walton. Dalam tayangan ulang terlihat jelas Ngog terjatuh meski tidak terkena terjangan gelandang Birmingham, Lee Carlsey. Keputusan kontroversial itu menaikkan tensi, baik Ngog maupun Carsley diganjar kartu kuning setelah berdebat seru.

Meski mengintensifkan serangan, Liverpool selalu gagal menjebol gawang Hart untuk kedua kalinya. Liverpool gagal merangsek ke posisi lima besar. Mereka berada di urutan ketujuh dengan 19 poin, sedangkan Blues melebarkan jarak dengan zona degradasi jadi surplus dua poin. (DIM)

Susunan pemain:
Liverpool: Reina; Johnson, Skrtel, Agger, Insua; Mascherano, Lucas (Aquilani 83), Kuyt, Benayoun (Babel 77), Riera (Gerrard 45); Ngog (kk).
Birmingham: Hart; Carr, Roger Johnson, Dann, Ridgewell; Larsson, Bowyer, Tainio (Carsley 15 (kk)), McFadden (kk) (Vignal 68); Benitez (McSheffrey 86), Jerome.
Wasit: Peter Walton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.