Sukses

Rp 1 Triliun untuk Jasa Agen

Untuk pertama kalinya total biaya yang dikeluarkan klub-klub Liga Premier untuk membayar jasa agensi dalam satu tahun terungkap. Dari total lebih dari Rp 1 triliun, Manchester City berada di urutan teratas.

Liputan6.com, London: Makelar atau agensi mengambil peran yang tidak kecil di Liga Premier. Total biaya yang dikeluarkan juga tidak main-main. Untuk pertama kalinya terungkap bahwa lebih dari 70 juta pound atau Rp 1 Triliun dialokasikan oleh 20 klub untuk membayar jasa para agen dalam semusim.

Jumlah tersebut sangat besar, sebanding dengan harga transfer Cristiano Ronaldo yang merupakan pemain termahal dunia. Atau tiga kali lipat bandrol striker Chelsea, Didier Drogba. Pun demikian besarnya setara dengan besarnya keuntungan Everton tahun lalu yang merupakan sebuah rekor.

Dari 1 Oktober 2008 sampai 30 September 2009, Manchester City menjadi klub terbanyak yang mengeluarkan anggaran untuk agen. Nilainya mencapai 13 juta pound (Rp 204,1 miliar) ketika mengumpulkan beberapa pemain bintang seperti Carlos Tevez, Emmanuel Adebayor dan Joleon Lescott, setelah diambil saham mayoritas klub berpindah ke Sheikh Mansour.

Melalui The Times, Chief Financial City, Graham Wallace berkomentar: “Akuisisi pemain yang kami lakukan—musim panas lalu—di luar perkiraan kami. Proses teransfer besar-besaran seperti ini sepertinya tidak akan terjadi untuk kedua kalinya.”

Alokasi dana buat para makelar terbesar kedua jatuh ke Chelsea dan dikuti Liverpool, Tottenham Hotspur dan West Ham United yang melengkapi lima besar. Yang menarik, Manchester United ternyata tidak terlalu banyak mengeluarkan dana buat para agen yang mencapai lebih dari 1,5 juta pound (Rp 23,5 miliar).(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.