Sukses

Gibson Antarkan MU ke Semifinal

Darron Gibson menjawab kepercayaan Sir Alex Ferguson dengan memborong dua gol yang mengantarkan kemenangan 2-0 bagi MU saat menjamu Tottenham Hotspur di perempat final Carling Cup.

Liputan6.com, Manchester: Juara bertahan Manchester United menjaga peluangnya untuk mempertahankan gelar Carling Cup setelah di babak delapan besar atau perempat final berhasil mengatasi perlawanan Tottenham Hotspur 2-0 langsung dalam laga yang digelar di Old Trafford, Selasa (1/12) malam waktu setempat atau Rabu (2/12) dinihari WIB. Kedua gol kemenangan MU diborong gelandang mudanya, Darron Gibson di menit ke-16 dan menit ke-38.

Di laga tersebut, Ferguson memberi kepercayaan kepada sejumlah pemain mudanya untuk bermain sejak awal pertandingan. Mereka adalah bek kiri Ritchie De Laet—partai pertama bagi De Laet sejak ditransfer dari Stoke City, Januari 2009—Gibson, winger Gabriel Obertan, dan striker Danny Welbeck. MU pun menurunkan Dimitar Berbatov yang notabene mantan bomber Spurs. Di lain pihak, Harry Redknapp memainkan komposisi tim hampir full team, dimana Robbie Keane kembali bermain sebagai starter dan berduet dengan Jermain Defoe. David Bentley mendapat kesempatan untuk bermain sejak awal menempati posisi yang biasanya ditempati Aaron Lennon.

Dua menit setelah kick-off, sepakan Anderson masih melebar dari sasaran. Enam menit kemudian, giliran Defoe yang mengancam gawang MU. Namun, tendangannya masih dapat diantisipasi Tomasz Kuszczak. Ketika pertandingan memasuki menit ke-16, MU unggul 1-0. Mendapat bola di sektor sayap kanan pertahanan Spurs, Anderson mencoba melakukan akselerasi. Melihat sergapan pemain Spurs, Anderson menyodorkan bola kepada Gibson. Dari jarak 18 meter, tendangan kaki kanan Gibson ke sudut kanan gawang Spurs tak mampu dihalau Heurelho Gomez. 1-0 untuk MU.

Lima menit berselang, Spurs mendapat peluang emas. Gareth Bale menyodorkan umpan crossing yang tepat menuju kaki Defoe. Sayang, Defoe terlalu lama mempermainkan bola. Tembakannya dapat diblok De Laet. Di menit ke-32, giliran Nemanja Vidic yang dua kali mematahkan usaha Keane. Semenit kemudian, lewat serangan balik yang cepat, sundulan Park Ji-Sung masih melenceng dari sasaran. Di menit ke-38, mirip dengan gol pertama, Gibson kembali menjadi pahlawan MU ketika tendangan kerasnya dari jarak 22 meter menghujam pojok kanan gawang Gomes. Skor 2-0 bertahan sampai jeda.

Di awal babak kedua, Redknapp menurunkan Tom Huddlestone dan menarik keluar Wilson Palacios. Usaha yang belum membuahkan hasil untuk mengejar defisit dua gol meskipun Bentley di menit ke-57 mendapat peluang emas ketika dalam jarak dekat tendangannya masih dapat dikuasai Kuszczak. Lantas Redknapp pun memainkan Peter Crouch. Langkah yang tetap sia-sia. Sampai pertandingan berakhir, gawang MU tetap perawan.

Susunan Pemain:
MU: Kuszczak, Neville, Brown, Vidic, De Laet (KK), Park, Gibson (KK), Anderson (Tosic), Obertan (Carrick), Welbeck, Berbatov (Macheda).
Tottenham: Gomes, Hutton (KK), Bassong, Dawson, Bale, Lennon, Jenas, Palacios (Huddlestone), Bentley, Defoe, Keane (Crouch).

Sementara itu, beberapa saat sebelumnya, Aston Villa menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal setelah menggilas Portsmouth 4-2 (2-1) dalam pertandingan yang digelar di Fratton Park. Awalnya, Pompey sempat unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri Stiliyan Petrov di menit ke-10. Villa membalas dua menit kemudian lewat gol Emile Heskey. Di menit ke-27, James Milner memperbesar keunggulan menjadi 2-1.

Dalam 15 menit terakhir, tercipta tiga gol. Stewart Dowing membuat Villa unggul 3-1 di menit ke-74. Striker gaek Nwanko Kanu memperkecil kedudukan menjadi 2-3 lewat golnya di menit ke-87. Namun, dua menit kemudian, Ashley Young memastikan keunggulan Villa menjadi 4-2.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini