Sukses

Duo Mantan Pemilik Birmingham Buka Penawaran

Mantan co-owner Birmingham City, David Sullivan dan David Gold membuka penawaran untuk mengambil alih West Ham United yang tengah dijerat masalah keuangan. Penawaran dibuka di angka 50 juta pound atau Rp 785 miliar.

Liputan6.com, London: Masalah keuangan di West Ham United menyeret dua David: David Sullivan dan David Gold untuk mengakuisisi klub asal London Timur tersebut. Mantan co-owner Birmingham City itu mengajukan penawaran resmi senilai 50 juta pound atau sekitar Rp 785 miliar.

Keduanya menegaskan tetap akan mendukung Gianfranco Zola dan asistennya, Steve Clarke, sebagai manajer di Upton Park. Jika takeover dari konsorsium Islandia, pemilik West Ham saat ini, sukses keduanya siap mengucurkan dana belanja yang bisa dimanfaatkan memboyong pemain baru di bursa transfer Januari.

Penawaran ternyata lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya yang mencapai 80 juta pound. Akan tetapi, Straumur, pemegang saham terbesar CB Holding yang memiliki kontrol atas West Ham, akan serius menimbang penawaran itu menyusul belum redanya masalah keuangan yang menghimpit sejak dimiliki owner sebelumnya, Bjorgolfur Gudmundsson. Penawaran itu sebagian akan dilarikan ke CB Holding dan sebagian digunakan untuk melunasi tunggakan klub yang melimpah, seperti dilaporkan Sky Sports News.

The Hammers saat ini tengah terpuruk di zona degradasi setelah dikalahkan Birmingham 0-1 dalam lanjutan Liga Premier akhir pekan kemarin. Mereka berada di urutan ke-18 atau tiga terbawah dengan 14 poin dan tertinggal dua poin dari Wolverhampton Wanderers yang menduduki tempat terakhir di zona aman.

Zola yang mendapat tekanan berniat menambal skuadnya. Utamanya manambah penyerang baru menyusul pengunduran diri dini Dean Ashton yang terbelit cedera. Apalagi striker andalannya, Carlton Cole didera cedera yang membuat striker internasional Inggris ini absen beberapa pekan.

Masalah kian pelik bagi Zola manakala beberapa pemain diincar klub lain. Sebut saja kiper Robert Green dan kapten tim Matthew Upson, di samping Cole yang diminati Manchester United dan Liverpool.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.