Sukses

Demi PD, James Cabut Klausul Khusus

Demi bersaing meraih satu tempat dalam Timnas Inggris ke PD 2010, David James setuju membatalkan klausul khusus dalam kontrak kerjanya bersama Portsmouth.

Liputan6.com, Portsmouth: Demi tampil di turnamen paling bergengsi, Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung di Afrika Selatan Juni-Juli mendatang, kiper veteran David James bersedia alias setuju mencabut atau membatalkan klausul khusus dalam kontrak kerjanya bersama Portsmouth. Mengapa?

Dalam kontrak berjalan, James bakal mendapat perpanjangan kontrak otomatis selama 12 bulan andaikata dalam semusim ini penampilannya bersama Pompey mencapai threshold atau batas tampil sebanyak 25 pertandingan. Karena itulah di bursa transfer musim dingin Januari lalu, tersiar kabar jika Portsmouth berniat melego James. Sebab, sejauh ini James telah tampil dalam 14 laga. Berarti tinggal 11 partai yang harus dilalui James jika ingin kontrak kerjanya otomatis diperpanjang.

Pasalnya, dengan krisis finansial yang terjadi, sulit bagi Pompey membayar gaji sebesar 60 ribu pound per pekan, nilai yang tercantum dalam klausul kontraknya itu. Apalagi, dengan prospek klub bakal terdegradasi ke divisi championship. Namun, yang terjadi, Portsmouth malah merekrut kiper muda berusia 22 tahun, Asmir Begovic.

Boleh jadi, hal itu disebabkan keikhlasan James yang bersedia mencabut atau membatalkan klausul khusus dalam kontraknya itu. Sebab, James pun menyadari dengan terancamnya kesempatan tampil di Fratton Park—yang akan berdampak pada peluangnya bermain bersama Timnas Inggris di PD 2010—andaikata limit jumlah pertandingan itu terlampaui.

James mengaku jika keputusannya itu benar-benar didasarkan atas keinginannya untuk menyelamatkan Pompey dari degradasi plus meraih satu slot dalam skuad asuhan Fabio Capello. “Melihat kondisi finansial klub dalam beberapa bulan terakhir, saya tidak ingin menjadi faktor penentu (terkait kontrak kerjanya). Saya ingin tetap tinggal di sini sampai akhir musim. Tampil dengan baik, terhindar dari degradasi dan pergi ke PD. Duduk di bangku cadangan atau dicoret dari skuad inti tentu saja bakal berdampak buruk bagi upaya mempertahankan status Portsmouth di premiership dan mencoba meraih tempat dalam skuad Inggris di PD 2010,” tegas James.

Sesuai dengan aturan Liga Premier, seorang pemain dibolehkan untuk merevisi kontrak di luar bursa transfer. Karena itu, James yakin permasalahannya terkait klausul khusus dalam kontrak kerjanya itu dapat diselesaikan. “Saya tidak ingin klub cemas dengan hal tersebut. Pun begitu pula dengan saya,” tandasnya.

James pun masih yakin jika di sisa pertandingan musim ini, Portsmouth dapat bangkit dan terhindari dari jerat degradasi. “Kami terpaut enam angka dari zona aman. Tapi, kami tetap mempunyai kesempatan. Kami akan berusaha untuk itu. Sebab, kondisi seperti ini bukan tidak mungkin dapat diatasi,” pungkas James.(MEG/Mirror)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini