Sukses

Grant Datang, Clarke Ditendang

Sinyal tegas kian dekat Avram Grant berlabuh di Upton Park. Dalam pertemuan empat mata, Vice-Chairman West Ham United Karren Brady memecat Steve Clarke dari jabatannya sebagai asisten manajer tim.

Liputan6.com, London: Sinyal tegas kian dekatnya mantan manajer Portsmouth Avram Grant berlabuh di Upton Park, markasnya West Ham United. Pada Selasa (25/5) kemarin, Vice-Chairman Klub Karren Brady memecat Steve Clarke dari jabatannya sebagai asisten manajer.

Sejatinya, durasi kontrak Clarke, 46 tahun, bersama The Hammers masih tersisa tiga musim. Namun, selaras dengan nasib atasannya, Gianfranco Zola, Clarke tak berdaya menghadapi kekuasaan klub di bawah kendali duet owner David Sullivan dan David Gold. Sebagai ucapan terima kasih, Brady memberikan kompensasi sebesar 1,3 juta pound.

Clarke, 46 tahun, merupakan mantan asisten manajer Chelsea saat ditangani tiga sosok yang berbeda: Jose Mourinho, Grant, dan Luiz Felipe Scolari. Pada 12 September 2008, Clarke mengundurkan diri dari jabatannya di Stamford Bridge dan bergabung bersama Zola tiga hari kemudian. Awalnya, duet Zola-Clarke mampu memberikan hasil positif seiring dengan keberhasilan West Ham menempati peringkat kesembilan di klasemen akhir musim 2008-09.

Namun, roda nasib Zola dan Clarke berubah drastis di musim lalu. West Ham nyaris terdegradasi dan hanya mampu menempati peringkat ke-17 atau posisi terakhir di zona aman alias setingkat dari zona merah. Itulah sebabnya, Sullivan dan Gold memutuskan mendepak keduanya, dimulai dengan mengeluarkan surat phk kepada Zola pada 11 Mei lalu, dua hari seusai kompetisi musim lalu berakhir.

“Zola dan Clarke sejatinya sosok yang sangat baik. Namun, kinerja mereka tidak cukup menyusul hasil tim di musim lalu yang hanya meraup 35 poin. Biasanya jumlah seperti itu tidak akan mampu menghindari tim dari degradasi. Jadi, tidak ada kata maaf bagi mereka berdua. Mereka harus pergi,” tegas sumber dari dalam tubuh West Ham.

Pendepakan Zola dan Clarke tersebut melempangkan jalan bagi Grant untuk mengambil alih jabatan manajer West Ham. Pasalnya, Grant telah memberikan sinyal kepada petinggi klub bahwasanya ia tidak berkeinginan untuk kembali menjalin hubungan dengan Clarke. Rencananya, pada Rabu (2/6) pekan depan, Grant bakal resmi diperkenalkan kepada publik sebagai manajer West Ham yang baru.(MEG/The Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.