Sukses

Mahalnya Derby Manchester

Pihak Kepolisian begitu cemas menghadapi derby Manchester di babak semifinal FA Cup di Wembley Stadium. Boleh jadi, biaya sekuriti di laga tersebut merupakan yang terbesar sepanjang sejarah.

Liputan6.com, London: Para pendukung Manchester United dan Manchester City begitu gembira melihat keberhasilan timnya melangkahkan kaki ke babak semifinal FA Cup yang akan berlangsung di Wembley Stadium, London, 16-17 April mendatang. Tapi, tidak begitu halnya dengan pihak kepolisian setempat.

Pertemuan kedua tim yang kerap dijuluki derby Manchester itu ditengarai bakal menyedot anggaran atau bujet sekuriti yang terbesar sepanjang sejarah persepakbolaan di Negeri Ratu Elizabeth. Pasalnya, pihak aparat yang berwajib kudu mengantisipasi 70 ribu fans dari kedua tim yang kerap berseteru di dalam maupun di luar stadion.

Hal lainnya yang membuat aparat kepolisian harap-harap cemas adalah jadwal laga tersebut. Sampai saat ini, pihak FA belum menentukan kapan laga antara The Citizens dan The Red Devils bakal digelar, apakah Sabtu (16/4) atau Minggu (17/4). Pasalnya, FA harus menunggu apakah City berhasil melangkahkan kaki ke babak perempat final UEFA Europa League.

Andaikata Carlos Tevez dkk mampu membalikkan keadaan dari Dynamo Kiev di leg kedua babak 16 besar--City tertinggal 0-2 di leg kedua--maka City bakal menjalani leg kedua perempat final Europa League pada Kamis (14/4). Jika itu terjadi, partai derby Manchester dipastikan digelar pada Minggu (17/4).

Nah, persoalannya pada hari itu London tengah sibuk berat sehubungan dengan digelarnya London Marathon 2011. Selain itu, pada hari yang sama terjadi big-match Liga Premier antara Arsenal versus Liverpool yang berlangsung di Emirates Stadium. Dapat dibayangkan, betapa sibuknya aparat kepolisian mengawal tiga event yang tentunya bakal menyedot perhatian publik yang begitu besar.

Untuk mengantisipasi derby Manchester, bakal dikerahkan aparat kepolisian dari tiga kesatuan, yaitu Scotland Yard, Greater Manchester Police, dan British Transport Police. “Dari sisi pandang aspek keamanan atau sekuriti, laga tersebut benar-benar menjadi mimpi buruk. Penanganannya membutuhkan dana jutaan pound,” ujar sumber dari Scotland Yard.

Boleh jadi, pihak kepolisian berharap skuad asuhan Roberto Mancini bakalan gugur di tangan Kiev. Jika itu terjadi, derby Manchester di semifinal FA Cup akan digelar di Wembley pada Sabtu (16/7) yang kemudian diikuti partai lainnya antara Bolton Wanderers dan Stoke City keesokan harinya.(MEG/Daily Mail)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.