Sukses

City Akhiri Paceklik Trofi

Manchester City mengakhiri paceklik juara 35 tahun. Sebuah gol dari Toure Yaya sudah cukup untuk mengalahkan Stoke City 1-0 (0-0) pada partai final dan membawa The Citizens menjuarai FA Cup untuk kelima kalinya.

Liputan6.com, London: Manchester City mengakhiri paceklik juara 35 tahun. Sebuah gol dari Toure Yaya sudah cukup untuk mengalahkan Stoke City 1-0 (0-0) pada partai final di Wembley Stadium, Sabtu (14/5), dan membawa The Citizens menjuarai FA Cup untuk kelima kalinya.

Benar saja, bos City Roberto Mancini berjudi menurunkan Carlos Tevez sejak menit pertama. Formasi menyerang digelar dengan menurunkan Mario Balotelli dan David Silva di belakang Tevez. Dari kubu Stoke, manajer Tony Pulis memasang Robert Huth meski bek asal Jerman itu dikatakan belum pulih benar dari cedera.

City unggul soal inisiatif serangan dan penguasaan bola. Pun, City lebih aktif menyerang baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Namun, Stoke City mampu menjaga gawangnya dari kebobolan hingga babak pertama usai. Buntunya serangan City tidak terlepas dari penampilan gemilang kiper Stoke Thomas Sorensen.

Kiper veteran Timnas Denmark itu minimal dua kali menggagalkan peluang emas lawan. Pertama, sepakan Carlos Tevez pada menit kelima yang masih mampu dihalau. Menit ke-24, Sorensen ganti menepis tembakan Balotelli yang melengkung ke pojok tiang jauh. Silva sementara itu membuang peluang terbuka saat menerima bola rebound pada menit ke-34. Tendangan dari jarak yang terhitung dekat itu melambung.

City pun kembali mengambil kendali permainan di paruh kedua. Kualitas individu dari para pemain City begitu terlihat. Penampilan apik dari Silva sering merepotkan pertahanan The Potters. Satu peluang Stoke gagal dikonversi menjadi gol Kenwyne Jones ketika sudah berhadapan dengan Joe Hart.

Kebuntuan itu akhirnya dipecahkan City pada menit ke-74. Memaksimalkan kemelut dari serangan hasil kerjasama Balotelli dan Silva, bola liar di jantung pertahanan Stoke disambar Yaya dengan tembakan kaki kiri yang menghujam gawang Sorensen. Masuknya John Carew, penyerang tambahan, tidak mampu mengeluarkan Stoke dari kekalahan. Hingga akhir laga skor tetap 1-0 untuk City.

Inilah trofi pertama City sejak 1976 ketika mereka menjuarai Piala Liga dan titel FA Cup pertama sejak 1969. Trofi ini melengkapi pencapaian City di bawah Mancini yang di musim depan juga berhak berlaga di Liga Champions.(DIM)

Susunan pemain:
Man City: Hart; Richards, Kompany, Kolarov, Lescott, Barry (Johnson 73), Silva (Vieira 90), De Jong, Toure Yaya, Tevez (Zabaleta 87), Balotelli.
Stoke: Sorensen; Huth (kk), Shawcross, Wilkinson (kk), Whelan (Pugh 84), Wilson, Pennant, Delap (Carew 80), Etherington (Whitehead 62), Jones, Walters.
Wasit: Martin Atkinson

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini