Sukses

McLeish Bisa Gabung Villa, Asalkan...

Birmingham City membekukan niat Alex McLeish bergabung dengan klub lain untuk sementara waktu. The Blues akan meminta Aston Villa membayarkan kompensasi Rp 75,6 miliar jika memang menghendaki McLeish.

Liputan6.com, Birmingham: Birmingham City berencana membekukan langkah Alex McLeish menjadi manajer di tim lain untuk sementara waktu (gardening leave). Birmingham juga berniat menerbitkan surat perintah pengadilan agar McLeish tidak bergabung dengan Aston Villa kecuali rival sekotanya itu membayar kompensasi 5,4 juta pound atau Rp 75,6 miliar.

Chairman sementara Birmingham Peter Pannu dan para petinggi klub lainnya menghelat pertemuan dengan jajaran pengacara guna membahas pengunduran diri McLeish lewat email. Pannu menganggap keputusan McLeish itu tidak bertanggung jawab. Mereka menolak pengunduran diri manajer asal Skotlandia itu dan melakukan penyelidikan apakah McLeish dibajak.

Seperti diketahui, McLeish langsung menjadi kandidat serius pengganti Gerard Houllier di Villa Park sesaat setelah mengundurkan diri (Baca: Isu McLeish ke Villa Memanas). The Blues mengumumkan Villa belum mengajukan tawaran resmi. Jika terbukti Villa melakukan pendekatan lewat jalan belakang, Birmingham akan mengajukan gugatan ke Premier League selaku pemangku otoritas Liga Premier.

McLeish meneken kontrak baru berdurasi tiga tahun pada September 2010. Walaupun menyatakan akan membayar kompensasi pemutusan kontrak setelah mengundurkan diri ketika berlibur di Italia, Birmingham ingin kompensasi yang lebih besar sebelum memberikan izin pelatih berusia 52 tahun itu untuk bernegosiasi dengan klub lain.

“Dia masih terikat kontrak dan Birmingham City tidak mengizinkannya berbicara dengan pihak lain sampai masalah kontrak diselesaikan,” kata Pannu. “Inilah saatnya disiplin mesti ditegakkan. Sebelum saya terbang kembali dari Amsterdam, Alex (McLeish) mengirimkan email berisi pengunduran diri. Ini tindakan tak bertanggung jawab.”

Keinginan Villa beralasan. Meski akan mendapat tentangan dari para suporter, owner Villa Randy Lerner menganggap McLeish sukses membawa Birmingham juara untuk pertama kalinya dalam 48 tahun ketika mengangkat trofi Carling Cup, Februari lalu. Tetapi di akhir musim Birmingham terdegradasi dari Liga Premier.

Benar saja. Ketika page Facebook yang bertema penolakan terhadap kehadiran McLeish dibuka, hanya dalam 24 jam sebanyak 6.000 fans Villa bergabung di dalamnya. Tidak seperti ketika membatalkan minatnya terhadap mantan manajer Timnas Inggris Steve McClaren, Lerner kali ni bergeming.(DIM/Guardian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.