Sukses

City Ukir Rekor Baru

Manchester City mencapai kesepakatan dengan Etihad Airways yang akan resmi memegang hak nama City of Manchester Stadium selama 15 tahun mulai musim depan. Dealnya bernilai Rp 2,1 triliun.

Liputan6.com, Manchester: Jika tak ada aral melintang, pada Jumat (8/7), Manchester City akan memberi pernyataan resmi terkait kesepakatan dengan Etihad Airways yang akan resmi memegang hak nama City of Manchester Stadium selama 15 tahun yang dimulai musim depan. Artinya, markas City berganti nama menjadi Etihad Airways Stadium. Deal kesepakatan tersebut bernilai 150 juta pound atau sekitar Rp 2,1 triliun. Atau, setiap musim City bakal menerima pemasukan sebesar 10 juta pound atau sekitar Rp 140 miliar.

Deal tersebut melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Arsenal tatkala meneken kesepakatan yang sama (nama stadion) dengan Emirates pada 2006 lalu. Ketika itu The Gunners memutuskan meninggalkan Highbury dan pindah ke Emirates Stadium dengan deal 100 juta pound dalam 15 tahun. Deal saat itu ditengarai tidak melulu soal hak nama stadion, melainkan juga mencakup deal sponsorshop kostum Arsenal bernilai 6 juta pound per tahun.

Langkah meraih deal tersebut merupakan strategi jitu The Citizens guna mengantisipasi diberlakukannya financial fair play sistem oleh UEFA mulai musim depan. Pasalnya, sejak klub diambil alih Sheikh Mansour pada September 2008, neraca keuangan klub semakin timpang menyusul meningkatnya besaran gaji para pemain. Dalam aturan finansial baru UEFA, setiap klub tidak diperkenankan membelanjakan dana klub lebih besar ketimbang penghasilan klub.

Karenanya, petinggi City berusaha keras mencari pendapatan yang lain bagi klub guna memenuhi syarat finansial seperti yang diterapkan UEFA demi mengantisipasi tercoretnya tim dari ajang Eropa, utamanya Liga Champions. Dalam laporan finansial klub yang terakhir, City masih merugi 121,3 juta pound atau sekitar Rp 1,7 triliun atau naik 31 persen dibanding tahun sebelumnya. Faktor utamanya, ya itu tadi, besarnya beban gaji pemain, seperti Carlos Tevez dan Yaya Toure yang mendapat 200 ribu pound per minggunya.

Sebelum menggunakan City of Manchester Stadium, City memakai Maine Road sebagai markas tim sampai 2003. Setiap tahunnya, The Citizens menyetor “upeti” sebesar 2-3 juta pound kepada Dewan Kota Manchester. City of Manchester Stadium sendiri yang berkapasitas 46 ribu akan direnovasi guna menambah jumlah tempat duduk menjadi 60 ribu. Biaya renovasi ditaksir mencapai satu miliar pound.(MEG/Mirror)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.