Sukses

Awal Suram buat AZ Alkmaar

Juara Eredivisie Belanda, AZ Alkmaar menderita kekalahan 3-2 (1-0) dari Heracles Almelo dalam partai pembuka musim ini. Tidak itu saja, debut pelatih Ronald Koeman itu juga diwarnai keluarnya kartu merah buat pemain AZ.

Liputan6.com, Amsterdam: AZ Alkmaar mengawali petualangan mempertahankan gelar juara Eredivisie dengan hasil pahit. Bertandang ke markas Heracles Almelo, Sabtu (1/8) atau Ahad dini hari WIB, AZ takluk 2 -3 (0-1) dari tuan rumah. Tidak itu saja, debut Ronald Koeman membidani AZ diwarnai diusirnya dua pemain mereka menjelang pertandingan berakhir.

Striker Heracles asal Brasil, Everton mengejutkan AZ ketika babak pertama baru berjalan enam menit lewat golnya dari sudut sempit. AZ tidak mampu mengembangkan bentuk permainan terbaiknya, seama seperti ketidakmampuan mereka menjebol gawang Heracles sampai turun minum.

Ketika babak kedua berjalan tiga menit Heracles menggandakan kemenangan melalui Willy Overtoom. Overtoom menuntaskan lemahnya koordinasi pertahanan AZ. Tidak lama berselang, menit ke-61, Mark Jan Fledderus mencetak gol ketiga Heracles dari tendangan bebasnya.

AZ terlecut untuk memperkecil ketinggalan. Berhasil, pada menit ke-77 Graziano Pelle melesakkan gol pertama AZ yang disusul gol Mounir El Hamdaoui selang semenit kemudian. Di saat semangat AZ menggebu, tim asuhan Koeman kehilangan kontrol emosi saat klaim penalti tidak diindahkan wasit ketika Pontus Wernbloom dilanggar.

Memasuki menit ke-89, di saat rasa frustasi mulai menyerang, Gill Swerts diganjar kartu merah langsung akibat menyikut pemain lawan. Pelle menyusul keluar lapangan setelah menendang lawan. Hasil yang patut dievaluasi Koeman jika ingin menjaga titel dalam dekapan.

Sementara itu, runner-up musim lalu FC Twente berhasil menggulingkan tuan rumah Sparta Rotterdam dengan skor 2-0 (1-0). Kemenangan Twente dibuka Blaise NKufo pada menit ke-18. Bryan Ruiz menggandakan kemenangan 12 menit setelah kick-off babak kedua. (DIM)

Berikut hasil lengkap Eredivisie, Sabtu (1/8):
Willem II Tilburg 3 vs Vitesse Arnhem 1
Heracles Almelo 3 vs AZ Alkmaar 2
Sparta Rotterdam 0 vs FC Twente 2
RKC Waalwijk 0 vs FC Utrecht 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.