Sukses

Ajax Mulus, PSV Tersendat

Debut Martin Jol bersama Ajax Amsterdam berjalan mulus. Di laga perdana, Godenzonen sukses melewati hadangan Groningen. Langkah PSV Eindhoven tersendat setelah ditahan imbang tim promosi VVV-Venlo.

Liputan6.com, Eindhoven: Debut Martin Jol bersama Ajax Amsterdam di kompetisi Eredivisie musim 2009-2010 berjalan dengan mulus. Di pertandingan pertama, Minggu (2/8), Godenzonen—julukan Ajax—sukses melewati hadangan Groningen FC dengan skor 2-0 (1-0). Dua gol kemenangan skuad Jol masing-masing dicetak Miralem Sulejmani di menit ke-41 babak pertama dan Dennis Rommedahl di menit ke-72 babak kedua.

Sementara itu, langkah tim elite lainnya, PSV Eindhoven yang musim lalu hanya mampu menempati peringkat keempat, justru tersendat saat bermain di kandang sendiri, Philips Stadion. Menjamu salah satu tim promosi, VVV-Venlo, Andre Ooijer dkk gagal mempertahankan keunggulan dua gol di babak pertama dan harus puas dengan hasil imbang 3-3 (2-0).

Setelah tertinggal dua gol dari Nordin Amrabat di menit ke-27 dan Ola Toivonen di menit ke-41, VVV yang tampil tanpa beban berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Ahmed Ahahaoui di menit ke-53 dan kapten tim asal Jepang, Keisuke Honda di menit ke-60. Toivonen, striker anyar PSV yang diboyong dari Malmo membuka harapan bagi skuad asuhan Fred Rutten untuk meraih tiga angka maksimal lewat gol keduanya di menit ke-82. Sayang, tiga menit kemudian, Ruben Schaken mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Langkah sempurna juga dibukukan tim kuat lainnya, Feyenoord Rotterdam yang berhasil mengatasi halangan NEC Nijmegen 2-0 (1-0) lewat gol Jon Dahl Tomasson di menit ke-10 dan eksekusi penalti yang mulus dilakukan Leroy Fer di menit ke-77. Satu pertandingan lainnya yang dilangsungkan di Het Zuiderpark, tuan rumah ADO Den Haag harus mengakui keunggulan tamunya NAC Breda 1-2 (0-1). Gol Osaba Horvath di menit ke-75 belum cukup untuk menyelamatkan ADO dari kekalahan. Pasalnya, NAC terlebih dulu unggul dua gol lewat Anthony Lurling di menit ke-42 dan Matthew Amoah di menit ke-67. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini