Sukses

Honduras dan AS ke Semifinal

Tuan rumah Amerika Serikat (AS) melangkah ke semifinal Piala Emas CONCACAF seusai menundukkan Panama 2-1 melalui babak perpanjangan waktu. AS ditantang Honduras yang sebelumnya menjinakkan Kanada 1-0.

Liputan6.com, Philadelphia: Amerika Serikat (AS) melaju ke semifinal Piala Emas CONCACAF 2009 seusai menundukkan Panama 2-1 di Stadion Lincoln Financial Field, Philadelphia, Minggu (19/7) WIB. Kemenangan itu menjaga peluang AS merengkuh gelar juara untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Kemenangan The Yanks tidak diperoleh dengan mudah. Panama memberi perlawanan ketat meski bertanding di stadion yang didominasi pendukung lawan. Eksekusi mulus penalti Kenny Cooper pada menit ke-105 menjadi penentu kemenangan setelah 2x45 menit berakhir sama kuat 1-1.

Tim asuhan Bob Bradley yang di ajang ini turun dengan kekuatan lapis kedua dibuat terhenyak lebih dulu. Memasuki menit terakhir babak pertama mereka tertinggal oleh gol Panama yang dicetak Blas Perez. Baru pada menit ke-50 AS menyamakan kedudukan melalui Kyle Beckerman. Kemenangan tersebut mengantar mereka berhadapan dengan Honduras yang di pertandingan perempat final lainnya menekuk Kanada 1-0.

Gol tunggal Honduras dari titik putih berbau kontroversial. Keputusan wasit memberi penalti buat Honduras sesaat setelah Paul Staltieri menjatuhkan Walter Martinez menuai protes dari anak-anak Kanada. Wasit bersikeras dan Martinez yang mengambil sendiri sukses mengeksekusinya pada menit ke-36.

Honduras sukses menjaga keunggulan sampai pertandingan berakhir meski Kanada terus melancarkan serangan. Lima menit di babak kedua Kanada gagal menghasilkan gol balasan meski memperoleh kesempatan emas melalui sundulan Kevin McKenna yang membentur tiang gawang. Honduras vs AS menjadi pertarungan jilid kedua setelah sebelumnya mereka bertemu di putaran penyisihan grup. Laga semifinal itu sendiri akan dimainkan pada Jumat (24/7).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.