Sukses

Juventus Juara untuk Pertama Kali

Juventus menundukkan Inter Milan dan AC Milan untuk menjuarai TIM Trophy pertama kalinya sejak turnamen pramusim tahunan ini digelar pada 2001.

Liputan6.com, Pescara: Juventus memiliki modal penting menyambut Serie A musim 2009-10. Untuk pertama kalinya Juve menjuarai TIM Trophy yang merupakan turnamen tahunan sejak 2001 yang mempertemukan Bianconeri bersama dengan Inter Milan dan AC Milan. Juve juara setelah mengalahkan Inter melalui adu penalti dan dilanjutkan kemenangan 2-0 atas Milan, Sabtu (15/8) dini hari WIB tadi.

TIM Trophy punya keunikan karena tiap tim bertanding 45 menit menghadapi tim lainnya. Jika skor imbang maka pertandingan langsung dilanjutkan dengan adu penalti. Di pertandingan pembuka yang tahun ini digelar di Stadio Adriatico, Pescara, antara Juve versus Inter, adu penalti tidak bisa dihindari setelah kedua tim bermain 1-1.

Juve dan Inter bermain seimbang setelah pertandingan dimulai, sampai pada gol pembuka dari Thiago Motta yang dengan pintar melob bola di atas Gigi Buffon pada menit ke-26. Di saat kedudukan pertandingan tersisa empat menit Marco Materazzi dikartumerah karena melanggar Amauri di dalam kotak penalti.

Vincenzo Iaquinta mengambil kesempatan sebagai algojo. Sayang bagi Iaquinta, eksekusinya bisa dipatahkan kiper Nerazzurri, Julio Cesar. Empat menit kemudian Nelson Rivas yang masuk sebagai pemain pengganti membuat kesalahan fatal. Umpan back-pass Rivas ke Julio Cesar tidak sempurna sehingga bisa dimanfaatkan Amauri menjadi gol balasan.

Di babak penalti, Walter Samuel dan Davide Santon gagal melesakan gol buat Inter. Sementara Juve, dari tujuh eksekutor hanya menemui satu kegagalan lewat tendangan Christian Poulsen.

Namun Inter bisa sedikit lega setelah ada laga kedua berhasil menundukkan Milan 1-0. Dimainkannya Klaas-Jan Huntelaar belum mampu mempertajam barisan serang Rossoneri. Sementara Inter menang melalui gol tunggal Mario Balotelli yang menanduk tendangan bebas Ricardo Quaresma pada menit ke-24.

Di partai pamungkas Juve langsung memimpin 1-0 pada menit ke-13. Diawali serangan balik cepat, Amauri menuntaskannya dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola tidak mampu ditahan kiper anyar Milan, Flavio Roma. Menit ke-32 Juve menggandakan keunggulan yang kali ini diawali dari kesalahan Ronaldinho di lini tengah.

Bola dialirkan cepat anak-anak asuhan Ciro Ferrara ke Amuri yang meneruskannya ke Iaquinta. Tanpa kesalahan Iaquinta menyeploskan si kulit bundar. Gol, 2-0 untuk Juve. Namun dalam tayangan ulang terlihat posisi sang striker Juve itu sudah berdiri offside. Hasil tersebut membuat Juve bertengger di posisi pertama dengan lima poin. Inter mengumpulkan empat poin dan Milan terpuruk tanpa poin. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.