Sukses

Matthaus Hijrah ke Argentina

Mantan kapten Timnas Jerman, Lothar Matthaus kembali aktif menukangi tim. Matthaus mencoba peruntungan di Argentina bersama Racing Club.

Liputan6.com, Buenos Aires: Bersinar ketika bermain, Lothar Matthaus masih mencari pijakan pas dalam kariernya sebagai pelatih. Lima klub sudah diasuhnya, plus menukangi Timnas Hungaria, namun Matthaus tidak juga meraih sukses. Terakhir, mantan kapten Timnas Jerman ini tidak diperpanjang kontraknya oleh klub Israel, Maccabi Netanya.

Menganggur sejak Mei lalu, Matthaus mendapat kesempatan lagi. Libero yang begitu disegani dua dekade lalu ini diangkat sebagai pelatih Racing Club, salah satu dari lima klub besar di Liga Argentina yang sudah mengoleksi tujuh gelar liga. Pengangkatan ini dikonfirmasi langsung Presiden Racing, Rodolfo Molina, Sabtu (24/10) waktu setempat, seusai bermain seri 1-1 dengan Lanus.

“Kami sampai pada kesimpulan bahwa skuad tengah berada pada kondisi moral terendah. Karena itu kami membutuhkan Lothar Matthaus, sosok dengan pengalaman dan pengetahuan sepakbola segudang,” papar Molina sebagaimana dilansir Reuters. “Kami percaya ia mampu mengembalikan mental pemain, karena itulah yang paling dibutuhkan saat ini.”

Racing berada di urutan kedua terbawah di klasemen Apertura. La Academia, julukan Racing, tidak pernah memperoleh kemenangan dari 10 pertandingan dengan mengumpulkan lima poin. Sayang Molina dalam konfirmasinya tidak menyertakan detail kontrak Matthaus atau kapan datang ke Argentina untuk menandatangani kontrak dan memulai tugasnya.

Media di Argentina berpendapat Matthaus akan datang pada Senin (26/10) untuk melihat langsung penampilan Racing yang akan berhadapan dengan Newell’s Old Boys sehari kemudian. Ricardo Caruso Lombardi mengundurkan diri sebagai pelatih Racing dua pekan lalu setelah kalah 1-2 dari Boca Juniors. Sejak saat itu mereka diasuh pelatih sementara (caretaker) Juan Barbas. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.