Sukses

Pohang Steelers Raih Trofi Juara

Pohang Steelers tampil sebagai juara Liga Champions Asia setelah mengalahkan Al Ittihad di partai final dengan skor 2-1 (0-0) di National Stadium, Tokyo. Dengan demikian Pohang menorehkan rekor dengan menyabet titel untuk ketiga kalinya.

Liputan6.com, Tokyo: Klub Korea Selatan, Pohang Steelers menjuarai Liga Champions Asia (AFC Champions League) 2009 setelah mengalahkan klub Saudi Arabia, Al Ittihad dalam partai final di National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (7/11). Keberhasilan ini menempatkan Pohang sebagai klub pertama yang menyabet gelar juara sebanyak tiga kali.

Al Ittihad, pemegang gelar juara 2004 dan 2005 menguasai jalannya permainan di babak pertama. Sayang Mohammed Noor gagal memanfaatkan keunggulan tersebut. Setiap peluang yang dimiliki tim besutan Gabriel Calderon, asal Argentina, selalu terbuang. Demikian pula serangan sporadis dari Pohang yang dikomandoi penyerang asal Brasil, Denilson.

Di babak kedua Pohang membuka kemenangan pada menit ke-57. Gol berasal dari tendangan bebas yang dilepaskan No Byung-Jun. Sembilan menit kemudian tim yang diarsiteki Sergio Farias, asal Brasil, ini menggandakan kemenangan melalui sundulan Kim Hyung-Il memanfaatkan crossing dari sisi kiri pertahanan Al Ittihad.

Al Ittihad tersengat. Mereka mencoba menyamakan kedudukan dan berbuah pada menit ke-74. Gol dari sepakan Mohammed Noor yang memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Amine Chermiti. Al Ittihad kian bernafsu memburu gol penyeimbang, namun tidak jarang gawang mereka yang terancam. Di antaranya gol yang dianulir dari kaki Byung-Jun.

Penyerang Al Ittihad asal Maroko, Hitcham Aboucherouane hampir menyamakan kedudukan di stoppage time ketika tendangan bebasnya melenceng tipis dari sasaran. Akhirnya pertahanan Pohang mampu menjaga kemenangan hingga wasit Matthew berkebangsaan Australia, Matthew Breeze meniup peluit akhir. Ini merupakan sukses ketiga setelah 1997 dan 1998 ketika masih berformat Asian Club Championship. (DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini