Sukses

Enam Kursi Gli Azzurri Masih Lowong

Dari 23 pemain yang akan dipanggil ke dalam skuad Timnas Italia di pergelaran putaran final Piala Dunia (PD) 2010, pelatih Marcello Lippi diklaim masih menyisakan enam kursi.

Liputan6.com, Roma: Lazimnya, sebulan sebelum putaran final Piala Dunia (PD) digelar, setiap tim yang lolos diwajibkan untuk mendaftarkan para pemainnya. Setiap tim dibolehkan membawa 23 pemain. Pemain pengganti hanya diizinkan dipanggil andaikata salah satu atau lebih dari para pemain yang masuk dalam skuad mengalami cedera.

Seperti yang dilansir La Gazzetta dello Sport yang dikutip Football Italia, dari kuota 23 pemain, juara bertahan, Timnas Italia masih menyisakan enam kursi. Pelatih Gli Azzurri, Marcello Lippi diklaim bakal membawa 10 pemain yang tampil di PD 2006 yang berlangsung di Jerman. Tiga tahun lalu, di saat-saat deadline, Lippi membawa gelandang AS Roma, Simone Perotta.

Kali ini, posisi Perotta tampaknya bakal ditempati bintang muda dan playmaker Livorno, Antonio Candreva. Gelandang berusia 22 tahun ini tampil dalam debutnya bersama Gli Azzurri di laga persahabatan melawan Belanda di Adriatico Stadium, Pescara, Sabtu (14/11). Dalam laga tersebut, Candreva tampil selama 77 menit sebelum ditarik ke luar lapangan digantikan Riccardo Montolivo.

Menurut La Gazzetta dello Sport, sektor yang kemungkinan besar masih terbuka untuk dikocok adalah lini pertahanan. Di sektor bek kiri, tiga pemain disebut-sebut sudah pasti menjadi pilihan Lippi, yaitu Gianluca Zambrotta (AC Milan), Fabio Grosso (Juventus), dan pelapisnya Domenico Criscito (Genoa). Di sektor bek kanan, empat pemain bakal berebut, yaitu Davide Santon (Inter Milan), Christian Maggio (Napoli), Matteo Cassani (Palermo), dan Marco Motta (AS Roma).

Sebagai palang pintu lini pertahanan Italia, Lippi sudah pasti memercayai duet Bianconeri, Fabio Cannavaro dan Giorgio Chiellini. Yang masih gamang bagi Lippi adalah menentukan pelapisnya, di antara Salvatore Bocchetti (Genoa) atau Alessandro Gamberini (Fiorentina).

Bagaimana dengan lini tengah? Untuk posisi sayap kanan, Lippi diyakini sudah menjatuhkan pilihannya pada duo Juventus, Mauro Camoranesi dan Claudio Marchisio. Andaikata kondisi fisik kedua pemain fit di akhir Mei atau awal Juni, maka keduanya bakal diberangkatkan ke Afrika Selatan. Jika tidak, sejumlah pemain pengganti bakal dipilih Lippi, yaitu Marco Marchionni (Fiorentina), Simone Pepe (Udinese), Gaetano D’Agostino (Udinese), Montolivo (Fiorentina), Angelo Palombo (Sampdoria), atau Davide Biondini Cagliari).

Lini depan menjadi bahan pembicaraan yang menarik. Bomber La Viola, Alberto Gilardino dan penyerang Bianconeri, Vincenzo Iaquinta sudah pasti masuk dalam skuad. Yang “heboh”, tujuh pemain bersaing guna memperebutkan jatah dua kursi yang tersisa. Ketujuh pemain tersebut adalah Giampaolo Pazzini (Sampdoria), Amauri (Juventus), Antonio Cassano (Sampdoria), Fabio Quagliarella (Napoli), Alessandro Del Piero (Juventus), Luca Toni (Bayern Muenchen), dan Raffaelle Palladino (Genoa).(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini