Sukses

Capello Ingin Jajal Maradona

Setelah bertemu muka dengan sejumlah tim papan atas dunia, pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello berniat ingin menjajal ketangguhan Argentina yang ditangani legenda Diego Maradona.

Liputan6.com, London: Di bawah tangan dingin Fabio Capello, performa Timnas Inggris meningkat pesat. Sejak resmi menangani The Three Lions pada 14 Desember 2007, di bawah asuhan Capello, John Terry dkk hanya menderita kekalahan sebanyak empat kali dalam 21 pertandingan. Di babak kualifikasi, Terry dkk tampil perkasa dan meraih tiket otomatis ke Afrika Selatan. Itulah sebabnya, Inggris digadang-gadang menjadi salah satu favorit di PD 2010.

Sejauh ini, pesatnya grafik penampilan Inggris tidak lepas dari keputusan Capello yang meminta Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) untuk menggelar sejumlah pertandingan persahabatan melawan tim-tim papan atas Eropa dan dunia. Tercatat, dalam dua tahun terakhir, Inggris meladeni lima tim tangguh, yaitu Prancis, Jerman, Spanyol, Belanda, dan Brasil. Terlepas dari hasilnya, pertandingan pemanasan yang bertajuk laga internasional itu merupakan tolok ukur bagi Capello untuk menakar kekuatan riil dari skuad asuhannya.

Karena itulah, seperti yang dilansir Daily Mirror, Capello meminta FA untuk membujuk Timnas Argentina mau datang dan bertanding di Stadion Wembley pada Maret 2010. Laga melawan anak-anak asuhan Diego Armando Maradona dipandang Capello sebagai ajang tanding yang sangat krusial untuk menambah pengalaman bagi Terry dkk. Meskipun langkah Lionel Messi dkk ke Afrika Selatan sempat tertatih-tatih, sangat bodoh mencoret Tim Tango sebagai salah satu favorit di PD 2010.

Seusai kompetisi reguler berakhir Mei nanti, Capello dan Inggris berkesempatan melakoni dua pertandingan sebelum terbang ke Afrika Selatan. Rencananya, salah satu di antaranya adalah adu tanding melawan Timnas Austria. Namun, sebelum acara drawing PD 2010 digelar di Cape Town, Jumat, 4 Desember mendatang, Capello belum memastikan nama tiga tim yang akan menjadi lawan tanding Terry dkk.

Prospek menggelar pertandingan pemanasan melawan Argentina di Wembley Stadium juga diyakini akan mendongkrak animo para fans The Three Lions. Publik Inggris tentunya tidak akan melupakan insiden “The Hand of God”-nya Maradona di laga perempat final PD 1986 yang berlangsung di Estadio Azteca, Mexico City, 22 Juni 1986.

Terakhir, Inggris bertemu dengan Argentina dalam laga persahabatan yang berlangsung di Stade de Geneve, Jenewa, 12 November 2005. Ketika itu, dua gol dari Michael Owen mengantarkan kemenangan 3-2 (1-1) bagi The Three Lions.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini