Sukses

Messi Rengkuh Ballon d'Or

Sesuai prediksi banyak kalangan, penyerang Barcelona dan Timnas Argentina, Lionel Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia versi majalah France Football. Messi unggul mutlak dari Cristiano Ronaldo dan Xavi Hernandez.

Liputan6.com, Paris: Penyerang Barcelona dan Timnas Argentina, Lionel Messi merengkuh Ballon d’Or 2009 yang merupakan salah satu gelar personal paling bergengsi di jagat sepakbola. Sebuah prestasi prestisius bagi Messi yang merupakan pesepakbola Argentina pertama yang memenangi gelar lansiran majalah sepakbola ternama France Football.

Terpilihnya Messi merupakan jenjang karier yang mengesankan. Sejak memulai debutnya masuk nominasi pada 2007, Messi menduduki peringkat ketiga. Tahun lalu ia naik ke posisi runner-up. Keberhasilan ini sudah diprediksi sebelumnya mengingat Messi musim lalu begitu sentral membawa Barcelona menjuarai Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey.

Lebih jauh, Messi memegang rekor tersendiri. Keberhasilan Messi tahun ini merupakan marjin terbesar dalam sejarah gelar personal tahunan yang sebelumnya merupakan simbol bagi Pemain Terbaik Eropa tersebut. Dari maksimal 480 poin yang diberikan jurnalis dari seluruh penjuru dunia, Messi memperoleh 473. Messi jauh meninggalkan Cristiano Ronaldo—peraih gelar tahun lalu—yang meraup 233 poin. Rekan Messi di Barcelona, Xavi Hernandez menghuni peringkat ketiga dengan 170 poin.

Messi, 22 tahun, menjadi peraih Ballon d’Or termuda sejak Michael Owen yang ketika itu bermain untuk Liverpool memenanginya pada 2001, saat usianya menginjak 21 tahun. Messi selanjutnya difavoritkan untuk meraih gelar Pemain Terbaik Dunia versi FIFA yang akan diumumkan pada 21 Desember mendatang.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.