Sukses

Soal Kapten Inggris, Ferdinand Tak Gusar

Sebagai kapten, Steven Gerrard bermain apik dalam dua partai kualifikasi Euro 2012. Kondisi yang menimbulkan tanda tanya tentang masa depan jabatan dari Rio Ferdinand.

Liputan6.com, London: Rio Ferdinand tak gusar. Ia yakin ban kapten Timnas Inggris akan kembali melilit lengannya setelah diambil alih Steven Gerrard selama dirinya cedera. Meski belum ada konfirmasi resmi dari Fabio Capello apakah Ferdinand akan kembali menjadi kapten sesudah sembuh. 

Gerrard menggantikan posisi bek Manchester United itu menjelang Piala Dunia. Karena Ferdinand belum juga sembuh, Gerrard melanjutkan tugas itu dalam kualifiasi Euro 2012. Dua partai dilalui Inggris dengan kemenangan. Pun demikian, Gerrard bermain mengesankan dan mampu berperan sebagai inspirator tim yang sekarang banyak dihuni pemain muda. 

“Menurut hemat saya Capello sudah menjelaskan sebelumnya,” kata Ferdinand. “Saya kira dia menjawab masalah ini ketika skuad berkumpul terakhir kali.” 

Capello menyatakan, Ferdinand tetap kapten utama The Three Lions dan Gerrard wakilnya. “Rio (Ferdinand) akan fit. Semoga secepatnya dan dia akan kembali menjadi kapten tim,” ujar Capello setelah Inggris mengalahkan Hungaria 2-1 dalam pertandingan persahabatan di Wembley Stadium akhir bulan lalu. 

Tapi, setelah Inggris mencatat kemenangan 3-1 dari Swiss di Basel, Selasa (7/9) lalu, Capello mengendur. Menurutnya, yang terpenting yakni performa tim, bukan jabatan kapten. “Bukan prioritas bagiku. Kapten tidak penting,” jelasnya. 

Gerrard pertama kali menjabat kapten Inggris dua setengah tahun lalu dan kini pengalaman membentuknya jadi kian matang seiring kualitas individunya. Sedangkan Ferdinand belum sekali pun bermain sejak mengalami cedera lutut pada hari pertama berlatih di PD 2010.(DIM/The Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.