Sukses

Peran Besar Pemain Naturalisasi di Timnas

Penampilan gemilang tim nasional Indonesia di Piala AFF 2010 turut dipengaruhi oleh penampilan para pemain naturalisasi. Tidak lama lagi Kim Kurniawan pemain keturunan Indonesia yang bermain di Jerman juga akan memperkuat timnas.

Liputan6.com, Jakarta: Penampilan gemilang tim nasional Indonesia di Piala AFF 2010 turut dipengaruhi oleh penampilan para pemain naturalisasi, Selasa (21/12). Seperti gol yang diciptakan pemain naturalisasi Christian 'El Loco' Gonzales saat menjebol gawang Filipina di babak semifinal Piala AFF 2010. Gol yang dicetak pemain kelahiran Uruguay ini pun mengantarkan Indonesia melaju ke babak final.

Hal tersebut merupakan bukti bahwa ketangguhan striker timnas Indonesia tidak diragukan lagi. Meski cukup lama berkiprah di ajang liga super Indonesia. Namun, El Loco merupakan pemain baru timnas Indonesia setelah ia berganti kewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Pria beranak empat ini memang memenuhi syarat untuk berganti kewarganegaraan. Syarat usia telah dipenuhi, El Loco pun telah lama merasakan tinggal di Indonesia dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik. El Loco berpindah kewarganegaraan memang atas kemauan sendiri.

Berbeda dengan Irfan Bachdim, meski berdarah Belanda. Pemuda yang kini digandrungi kaum hawa ini belum pernah secara resmi menjadi warga negara Belanda. Bachdim justru mempunyai hak memilih kewarganegaraan saat dewasa. Pemain yang pernah memperkuat FC Uttrecht Belanda ini pun memilih menjadi warga negara Indonesia.

Tidak lama lagi, Kim Jeffrey Kurniawan pemain keturunan Indonesia yang bermain di Jerman, segera memperkuat timnas sebagai pemain naturalisasi. Kini, pria yang lahir dan besar di Jerman itu telah menjadi warga negara Indonesia. Sebelumnya, Kim memperkuat tim FC Heidelshem Jerman. Kim memang lahir dari keluarga pesepak bola, kakek kim, Kwee Hong Sing pernah memperkuat timnas Indonesia di era 1950-an. (APY/vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini