Sukses

Rajagopal Sindir Riedl

Pelatih Timnas Malaysia K. Rajagopal menyatakan, tak akan memaksakan pemain berlaga jika kondisi fisiknya tidak 100 persen. Rajagopal menyinggung keputusan Alfred Riedl ketika tetap memainkan sejumlah pemain Indonesia pada partai semifinal.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Baik kubu Indonesia maupun Malaysia tentunya berharap semua pemain dalam kondisi fit untuk berlaga dalam dua partai final Piala AFF 2010. Tapi tidak demikian halnya dengan kondisi sebenarnya. Timnas Indonesia misalnya, terdapat sedikitnya empat pemain plus kiper, yang belum  aman dari permasalahan tersebut.

Cedera pemain Indonesia inilah yang disinggung pelatih Timnas Malaysia K. Rajagopal. Pelatih keturunan India itu menyindir Alfred Riedl, pelatih Timnas Indonesia, yang tetap menurunkan pemain yang dibebat cedera ketika berhadapan dengan Filipina dalam leg kedua semifinal di Jakarta. “Saya sebagai mantan pemain tidak akan menurunkan pemain yang tidak dalam kondisi 100 persen,” ujarnya kepada Liputan6.com.

“Coba lihat bagaimana mereka (Riedl) menurunkan pemain bernomor punggung 2 (Muhammad Nasuha) dan nomor 15 (Firman Utina)—yang mengalami cedera,” sambung dia. “Kalau bermain 45 menit saja mungkin tak apa-apa. Tapi, kalau 90 menit penuh bisa bertambah parah—cedera masing-masing.”

Seperti diketahui, Nasuha turun dengan kondisi kepala dibebat perban. Sedangkan Firman yang merupakan pengatur tempo permainan sekaligus kapten tim bermain penuh dengan cedera di lutut dan pangkal paha. Beruntung kondisi timnas sekarang sudah bisa dikatakan lepas dari cedera. Firman berangsur pulih dari cedera lutut. Pun demikian dengan cedera hamstring yang menimpa Cristian Gonzales, Oktavianus Maniani (pangkal paha), dan Maman Abdurachman (lutut).

Meski demikian, anggota tim medis timnas yakin keempatnya bisa bermain menghadapi Malaysia di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Ahad (26/12).(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini