Sukses

Masih Imbang di 45 Menit Pertama

Tak ada gol yang tercipta di babak pertama final Piala AFF 2010 antara Malaysia dan Indonesia yang berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil. Harimau Malaya lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Tak ada satu gol pun yang tercipta di babak pertama final pertama Piala AFF 2010 antara Malaysia dan Indonesia yang berlangsung di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Minggu (26/12) malam. Tuan rumah Harimau Malaya tampak lebih dominan dalam menguasai jalannya pertandingan.

Sejak kick-off babak pertama dibunyikan wasit Tomo Massaki, Safiq Bin Rahim dkk mencoba mengambil inisiatif dan menekan lini pertahanan Garuda. Sangat kentara, Malaysia belajar banyak dari kekalahan di babak penyisihan Grup A. Di lain pihak, Indonesia yang bermain aman, mendapat pukulan ketika di lima menit pertama Oktovianus Manini mendapat kartu kuning akibat aksi sikutnya terhadap bek Mahali Jasuli. Walhasi, Okto dipastikan absen di leg kedua. Hal itu kian membuat Firman Utina dkk bermain lebih hati-hati. Sebaliknya, Malaysia tambah semangat melakukan serangan.

Gara-gara faktor tekanan itulah di menit ke-23 gawang Indonesia nyaris bobol akibat blunder yang dilakukan bek kanan Muhamamd Ridwan. Mendapat bola sodoran dari kiper Markus Horison, Ridwan hendak memberikan umpan kepada Firman Utina. Namun, bolanya terlalu lemah dan dapat dikuasai Safiq bin Rahim.. Beruntung, meski gawang Indonesia sudah kosong, tendangan Safiq melambung di atas mistar. Pelatih Malaysia Krishnasamy Rajagopal pun kecewa.

Setelah sempat tertekan, Indonesia mendapat peluang emas untuk mencetak gol di menit ke-27. Sayangnya, setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Cristian Gonzales, tendangan kaki kiri yang dilancarkan Ahmad Bustomi masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Khairul Fahmi. Di 15 menit terakhir, Malaysia terus meningkatkan tempo permainan. Namun, keinginan untuk mencetak gol justru berbuah dua kartu kuning yang diterima Mohamad Asrarudin dan Mohamad Amirulhadi. Sampai turun minum tiba, skor masih imbang 0-0.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini