Sukses

Makam Pendiri PSSI Tak Terawat

Makam Soeratin Sosrosoegondo, pendiri sekaligus mantan Ketua PSSI, yang berada di Komplek Pemakaman Umum Muslim Sirnaraga, Jalan Pajajaran, Bandung, Jawa Barat. tak terawat sejak tiga tahun terakhir.

Liputan6.com, Bandung: Di tengah ingar-bingar pertandingan sepakbola dalam kejuaraan Piala AFF 2010, ada hal yang seolah telah terlupakan. Yakni, sosok pendiri sekaligus pengurus pertama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Soeratin Sosrosoegondo.

Soeratin wafat pada 1950 dan dimakamkan di pemakaman umum Sirnaraga, Jalan Pajajaran, Bandung, Jawa Barat. Kini, makam Soeratin yang berada di tengah pemakaman muslim itu kondisinya sangat memprihatinkan. Pagar setinggi satu setengah meter yang mengelilingi makam sudah keropos, bahkan pintu pagarnya telah raib dibawa maling.

Penjaga makam Eman Suherman, yang setia merawat makam pendiri PSSI itu, tak bisa berbuat banyak Ia hanya berharap agar para pengurus organisasi persepakbolaan baik di daerah maupun pusat memberikan perhatiannya terhadap makam Soeratin.

Tak banyak orang yang mengenal sosok almarhum Soeratin Sosrosoegondo. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai seorang insinyur lulusan Sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, Jerman, yang gemar olahraga sepakbola. Karena kegemarannya itu, Soeratin pada 1930 mendirikan PSSI. Saat itulah ia menjadi pengurus pertamanya.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini