Sukses

Pemain Timnas Jepang Gelar Pertandingan Amal

Pemain bertahan Inter Milan Yuto Nagatomo dan pemain tengah Wolfsburg yang juga kapten tim Jepang Makoto Hasebe adalah di antara bintang yang mengkonfirmasikan kesiapan mereka untuk bertanding.

Liputan6.com, Tokyo: Klub-klub Eropa mengizinkan delapan pemain Jepang untuk pulang dalam rangka pertandingan amal. Pertandingan tersebut untuk menggalang dana dan mengangkat kembali moral Bangsa Jepang setelah dilanda gempa dan tsunami.

Asosiasi Sepak Bola Jepang, baru-baru ini, mengatakan bahwa mereka memperkirakan akan ada empat bintang yang juga akan bergabung. Termasuk bintang Piala Dunia yang sekarang bermain untuk CSKA Moscow, Keisuke Honda. Rencananya, pertandingan aman akan diadakan 29 Maret mendatang dengan mempertemukan Tim Nasional Jepang dengan Tim J-League Selection yang diisi pemain-pemain terpilih liga Jepang.

Pelatih Jepang Alberto Zaccheroni mengharapkan pertandingan para bintang itu akan dapat membantu seluruh warga Jepang meringankan langkah mereka ke arah pembangunan kembali negara itu. "Pertandingan ini mungkin diadakan dalam keadaan yang tidak seperti biasanya, tetapi kami akan bertarung habis-habisan seperti biasanya dengan tetap mempertahankan motivasi yang tinggi," kata mantan pelatih AC Milan itu yang telah berhasil membawa Jepang menciptakan rekor menjadi juara Piala Asia empat kali Januari silam.

Pemain bertahan Inter Milan Yuto Nagatomo dan pemain tengah Wolfsburg yang juga kapten tim Jepang Makoto Hasebe adalah di antara bintang yang mengkonfirmasikan kesiapan mereka untuk bertanding. Honda, pemain bertahan Schalke Atsuto Uchida, penyerang Stuttgart Shinji Okazaki dan pemain tengah Augsburg Hajime Hosogai sedang menunggu izin klub mereka masing-masing untuk bermain pulang.

Klub-klub Eropa yang mengikat kontrak dengan sejumlah pemain Jepang semenjak Blue Samurai berhasil mencapai babak 16 besar Piala Dunia tahun lalu. Mereka menyampaikan rasa simpati bagi para korban gempa 11 Maret lalu.

Jepang sebenarnya merencanakan pertandingan persahabatan melawan Selandia Baru di Tokyo, pada 29 Maret. Namun Selandia Baru kemudian memilih membatalkan pertandingan itu dengan alasan keamanan meskipun Asosiasi Sepak Bola Jepang telah menawarkan untuk memindahkan tempat pertandingan sejauh 400 kilometer ke daerah Osaka.

Berikut pemain Jepang yang telah memberi konfirmasi untuk ikut pertandingan amal: Kiper: Eiji Kawashima (Lierse/Belgia) Bek: Yuto Nagatomo (Inter Milan/Italia), Tomoaki Makino (Cologne/Jerman), Maya Yoshida (VVV Venlo/Belanda) Pemain Tengah: Yuki Abe (Leicester City/Inggris), Makoto Hasebe (Wolfsburg/Jerman) Penyerang: Daisuke Matsui (Grenoble/Prancis), Akihiro Ienaga (Mallorca/Spanyol).(Ant/AFP/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.