Sukses

Dapat Ancaman, Dua Wasit Moldova Pilih Mundur

Wasit asal Moldova memutuskan mengakhiri karirnya setelah menerima pesan singkat dari seseorang ketika akan memimpin pertandingan. Ia khawatir akan terjadi sesuatu pada keluarganya.

Liputan6.com, Chisinau: Dua wasit sepak bola di Moldova mundur setelah mendapat ancaman kekerasan akhir pekan lalu. Salah satu wasit itu adalah Vladislav Ivanchenko. Ia memutuskan mengakhiri karirnya setelah menerima pesan singkat dari seseorang ketika akan memimpin pertandingan antara Rapid dan pimpinan klasemen kompetisi liga Dacia Chisinau.

"Pesan itu berisi ancaman bila saya tidak mengikuti keinginan si pengirim pesan pada pertandingan itu, maka sesuatu akan terjadi pada keluarga saya," kata wasit berusia 42 tahun itu dalam wawancara dengan televisi lokal, belum lama berselang.

Menurut Ivanchenko, yang pernah dihukum Moldova FA (FMF) dua laga karena memimpin pertandingan memprihatinkan tahun lalu, ancaman itu ditujukan kepada keluarganya, jadi ia memilih untuk menghentikan pekerjaannya. "Saya sudah menyatakan keputusan ini kepada federasi sepak bola nasional," katanya.

Wasit FIFA lainnya yang juga mendapat ancaman sama adalah Gennady Sidorenko. Ia akan memimpin pertandingan antara juara Sheriff Tiraspol dan penantang dalam perburuan gelar juara Zimbru Chisinau. Terkait dengan ancaman tersebut, Sidorenko sudah meminta agar istri dan puterinya jangan keluar rumah.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.