Sukses

Giliran Oseania Dukung Blatter

Satu lagi konfederasi mengklaim anggotanya akan memberikan suara buat Sepp Blatter dalam pemilihan Presiden FIFA, Juni nanti. Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC) menyusul langkah yang diambil UEFA dan CONMEBOL.

Liputan6.com, Auckland: Gelagat Sepp Blatter sukses mempertahankan jabatannya sebagai Presiden FIFA semakin tegas. Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC) menjadi satu otoritas sepakbola regional yang memberikan dukungan resmi kepada pria berusia 75 tahun tersebut.

Presiden OFC David Chung menyatakan, semua anggotanya yang berjumlah 11 setuju mempertahankan status quo, Blatter kembali memimpin untuk periode 2011-2015. Mereka menganggap FIFA di bawah kepemimpinan Blatter memberi dampak signifikan dalam perkembangan dan popularitas sepakbola di wilayah yang dikelilingi Samudera Pasifik itu.

Meski demikian, Chung menegaskan tidak akan memaksa anggotanya untuk memilih Blatter. Dia memberi kebebsan kepada 11 anggota untuk memilih Mohamed Bin Hammam, rival Blatter dalam pemilihan yang diselenggarakan 1 Juni di Zurich Swiss. Tetapi, kata dia, keputusan pada Kamis(12/5) ini menunjukkan persatuan dan transparansi di Oseania.

Blatter yang pertama kali menjabat sebagai Presiden FIFA pada 1998 kepada publik menyatakan mengantongi dukungan dari banyak konfederasi. Sebelumnya, UEFA (Eropa) secara resmi mendukung Blatter (Baca: Blatter Peroleh Dukungan UEFA). Pun demikian dengan CONMEBOL (Amerika Selatan).(DIM/AP Sport)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.