Sukses

Menpora: Harus Ada Kelanjutan Kongres

Menpora Andi Mallarangeng mengatakan kongres PSSI harus dilanjutkan kembali untuk memilih pengurus-pengurus baru PSSI yang berkompeten.

Liputan6.com, Jakarta: Kongres PSSI yang berlangsung pada 20 Mei silam adalah sebuah proses panjang dalam rangka reformasi persepakbolaan di Indonesia, meski kenyataanya harus mengalami kegagalan. Karena itu kongres PSSI harus dilanjutkan kembali untuk memilih pengurus-pengurus baru PSSI yang berkompeten.

"Yang dilakukan pemerintah sekarang adalah pertama bagaimana supaya tidak ada sanksi FIFA. Kedua proses reformasi agar terus berjalan," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dalam acara rapat dengan Komisi X untuk pembahasan soal kisruh di tubuh PSSI.

Namun, menurut Andi, jika melanjutkan kongres yang baru harus ada kesepakatan dari semua pihak terkait sebelum kongres digelar. Karena jika tidak, mau dibuat apapun kongres pasti akan mengalami kebuntuan seperti kongres 20 Mei silam. "Jadi yang jelas arahnya. Harus ada kongres baru, tapi harus ada titik temu dan kompromi agar kongres bisa mulus."

Kongres menurut Andi sebaiknya tinggal melanjutkan kongres sebelumnya. Menurut dia, tak perlu ada dibentuk Komite Banding atau Komite Pemilihan dan sebagainya.

Namun demikian ujar Andi, upaya ini tidak cukup hanya di sini. Harus ada langkah-langkah lain yang harus dilakukan, sampai benar-benar mengalami titik temu antara pihak-pihak terkait. "Yang pentng semua bisa membuka lembaran baru. Demi kemajuan persepakbolaan kita yang lebih baik," imbuhnya.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini